02 May 2021, 05:57 WIB

Aktris Peraih Oscar Olympia Dukakis Tutup Usia


Basuki Eka Purnama | Hiburan

OLYMPIA Dukakis, aktris yang memenangkan Piala Oscar untuk perannya dalam film komedi romantis Moonstruck, Sabtu (1/5), meninggal dunia di usia 89 tahun.

Meninggalnya aktris veteran itu dikonfirmasi oleh saudaranya, Apollo, di Facebook.

"Saudari tercinta saya, Olympia Dukakis, meninggal dunia pagi ini di NEw York. Setelah berbulan-bulan kesehatannya menurun dia akhirnya berpulang dengan damai dan bersatu lagi dengan suaminya Louis," lanjut Apollo.

Baca juga: Slank Ikut Berduka atas Tragedi Tenggelamnya KRI Nanggala 402

Dukakis memenangkan Piala Oscar untuk kategori aktris pembantu terbaik di film Moonstruck pada 1987 sebagai ibu dari janda muda yang diperankan oleh Cher. Film itu juga mengantarkan Dukakis meraih nominasi untuk penghargaan Golden Globe dan BAFTA.

"Hal yang menyenangkan dari film ini adalah saat saya bertemu dengan orang di jalan, mereka meneriakkan kata-kata saya dari film itu. Itu sangat konyol," ujar Dukakis dalam wawancara dengan Los Angeles Times pada 1991.

Dukakis juga terkenal lewat filmnya sebagai penggosip di film Steel Magnolias (1989) yang juga menampilkan Julia Roberts, Shirley MacLaine, Sally Field, dan Daryl Hannah.

Pada 1988, nama Dukakis menjadi terkenal di AS karena Olympia meraih Piala Oscar sementara sepupunya, Michael Dukakis memenangkan nominasi untuk pemilihan presiden dari Partai Demokrat.

Michael Dukakis akhirnya kalah dalam pemilu dari George HW Bush.

Olympia Dukakis meninggalkan seorang putri dan dua orang putra bersama suaminya, Zorich, yang meninggal dunia pada 2018. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT