28 January 2021, 13:57 WIB

Festival Film Cannes Diundur hingga Juli


Atikah Ishmah Winahyu | Hiburan

FESTIVAL Film Cannes yang batal digelar tahun lalu akibat pandemi juga menunda penyelenggaraannya pada tahun ini. Festival tersebut diundur dari Mei menjadi Juli dengan harapan pergelaran dapat diadakan secara langsung.

Penyelenggara Cannes mengumumkan pada Rabu (27/1) bahwa festival tahun ini akan digelar pada 6-17 Juli, sekitar dua bulan setelah periode biasanya. Festival French Riviera yang telah berlangsung selama hampir 75 tahun itu kini berharap virus korona bisa surut pada musim panas.

Cannes tahun lalu pertama kali menunda festival ke 73-nya hingga Juni atau Juli sebelum akhirnya benar-benar membatalkan semuanya. Festival masih dilanjutkan dengan pengumuman seleksi untuk merayakan film-film yang telah direncanakan guna dimasukkan ke lineup bergengsi.

Tahun ini, penyelenggara berniat mengadakan festival dengan satu atau lain cara. Belum ada rincian yang diumumkan tentang bentuk festival edisi 2021.

Jika Cannes maju dengan penonton di bioskop pada Juli, itu akan menjadi festival film besar pertama yang melakukannya sejak Festival Film Venesia pada September dengan penonton bioskop bermasker dan menjaga jarak sosial di atas karpet merah.

Pada Kamis, festival film independen utama, Sundance, diluncurkan dengan pemutaran virtual dan acara drive-in yang tersebar di seluruh AS. Festival Film Berlin yang dijadwalkan pada Maret di Jerman merencanakan acara virtual.

Selama pandemi, hub pusat Cannes, Palais des Festivals, telah digunakan sebagai rumah sakit dan, baru-baru ini, sebagai pusat vaksinasi. (CNA/OL-14)

BERITA TERKAIT