12 January 2021, 17:55 WIB

Wonder Woman 1984 Incar Piala Oscar


Atikah Ishmah Winahyu | Hiburan

FILM Wonder Woman 1984 mendaftar untuk ajang penghargaan Oscars dalam berbagai kategori, termasuk kategori Film Terbaik. Wonder Woman 1984 ditayangkan secara serentak di bioskop dan HBO Max pada Hari Natal, tepat pada waktunya untuk memenuhi syarat Academy Awards ke-93.

Selain Film Terbaik, Warner Bros juga mendaftarkan film tersebut dalam kategori Sutradara Terbaik (Patty Jenkins), Aktris Terbaik (Gal Gadot), Aktor Pendukung Terbaik (Pedro Pascal dan Chris Pine), dan Pendukung Terbaik Aktris (Kristen Wiig, Robin Wright, dan Connie Nielsen), ditambah sejumlah kategori seperti Desain Kostum Terbaik dan Tata Rias & Tata Rambut Terbaik. Namun, masih harus dilihat apakah film DC Comics terbaru ini benar-benar berpeluang masuk nominasi.

Meski Wonder Woman 1984 mungkin jauh dari film standar Oscar, tampaknya studio masih berharap dorongan promosi besar dapat mengarah pada beberapa nominasi. Walaupun reaksi awal terhadap film tersebut bersinar, begitu lebih banyak penonton dapat menyaksikannya, tanggapan terhadap film ini menurun drastis, menjatuhkan skor Rotten Tomatoes menjadi 60%.

Namun, melihat film seperti Wonder Woman 1984 dengan setelan cantik Golden Eagle Diana dan efek riasan pada Cheetah Wiig, mungkin saja ada cara bagi Wonder Woman 1984 untuk pulang dengan membawa Oscar tahun ini.

Hingga saat ini, hanya dua film superhero yang pernah dinominasikan untuk Film Terbaik yakni Marvel Studios Black Panther pada 2019 yang dinominasikan untuk total enam Oscar dan Joker pada 2020 yang dinominasikan untuk 11 Oscar. Bahkan The Dark Knight, yang secara luas dianggap sebagai salah satu film superhero terbaik yang pernah dibuat, dinominasikan untuk Film Terbaik (meskipun Heath Ledger secara anumerta menang untuk penggambaran ikonik The Joker).

Itu membuktikan betapa sulitnya film superhero untuk diakui oleh Akademi. Ini mungkin akan menjadi jalan yang sulit untuk Wonder Woman 1984. (Screenrant/OL-14)

BERITA TERKAIT