12 January 2021, 10:47 WIB

Antisipasi Penyerbuan Bersenjata, AS Kerahkan Garda Nasional


AFP/Brendan Smialowski/Jason Redmond|Foto

Tentara Garda Nasional berjaga di sekitar US Capitol di Washington, DC, pada Senin (11/1/2021). Kepala Biro Pengawal Nasional Departemen Pertahanan Jenderal Daniel Hokanson mengatakan, Pentagon telah diberi kewenangan untuk mengirimkan sebanyak 15 ribu pasukan Garda Nasional dalam rangka mengamankan pelantikan Presiden Amerika Serikat ke-46 Joe Biden dan Wakil Presiden AS Kamala Harris pada Rabu, 20 Januari 2021, di front barat Gedung Capitol di Washington, DC.
Langkah menerjunkan ribuan pasukan tersebut dalam rangka mengantisipasi terjadinya tindak kekerasan bersenjata oleh pendukung Presiden Donald Trump yang sakit hati.
Pengamanan khusus tersebut juga diperkuat oleh peringatan yang dikeluarkan FBI agar mengantisipasi terjadinya penyerbuan bersenjata yang direncanakan di Washington DC, termasuk di 50 ibu kota negara bagian lainnya.
Saat ini sudah 6.200 pasukan Garda Nasional mendarat di Washington, dan total 10.000 yang  direncanakan tiba pada akhir pekan mendatang. AFP/Brendan Smialowski/Jason Redmond/gus

BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA