26 May 2023, 21:16 WIB

Reza Darmawan, Mantan Karyawan Perusahaan Rintisan yang Jadi Miliarder Muda


Retno Hemawati |

Menjadi pengusaha atau orang sukses kerap diawali dengan sebuah mimpi dan kerja keras. Hanya dengan hitungan jari pengusaha atau orang sukses yang tidak menapakinya dengan penuh kerikil tajam.

Baca juga : Sukarelawan Ini Perkuat Peran Perempuan Untuk Berwirausaha di Pontianak

Hal inilah yang juga terjadi pada sosok pengusaha muda, Reza Darmawan, 29. Pria itu kini menjadi seorang pengusaha sukses yang fokus berbisnis dan menjadi investor. Padahal ia berasal dari keluarga sederhana saja.

Pria kelahiran Magelang ini pernah enam tahun menjadi eksekutif di perusahaan startup fintech, diantaranya pencetus PayLater Traveloka dan direksi di perusahaan fintech Fazz Financial, StraitsX. Ia juga pendiri dari perusahaan software platform bernama POST.app.

Baca juga: Aplikasi Fintech Julo Luncurkan Fitur Biaya Pendidikan

Kini, jebolan Institut Teknologi Bandung (ITB) ini fokus berbisnis di sektor riil terutama trading komoditas seperti distribusi daging, distribusi minyak diesel industri (solar), dan pengadaan. Selain itu, ia juga fokus menjadi investor dengan mendirikan Hanglekiu Group, sebuah holding perusahaan private investment dengan total investasi setahun terakhir sekitar US$20 juta.

"Jiwa entrepreneurship saya dimulai dari SMA dengan berdagang dan membiayai biaya sekolah sendiri. Saya berdagang sepatu sandal dan katering sejak SMA. Bisa dibilang saya salah satu tulang punggung keluarga usai orang tua memutuskan berpisah," cerita Reza di Jakarta, baru-baru ini.

Hal di atas itu pun diteruskannya saat ia menimba ilmu di ITB. Reza tetap menjalankan bisnisnya dari nol tanpa melupakan studinya di jurusan Teknik Elektro. Ia menjadi salah satu mahasiswa terbaik ITB di 2016 dan kerap berkompetisi serta mendapatkan beasiswa pertukaran pelajar ke luar negeri. "Setelah lulus kuliah saya mengawali karir sebagai software sales di Singapura dan Kuala Lumpur. Ini juga saya mulai dari nol," papar pria kelahiran 29 April 1994 ini.

Ia pun tak lepas dari kerugian saat berbisnis. Miliaran rupiah pernah lenyap darinya akibat ditipu rekan bisnis. Bukan hanya sekali, tapi sampai tiga kali.

"Yang kita ambil hikmah dan pelajarannya, dari kegagalan pertama, kedua dan ketiga kalau nggak bangkit lagi ya hancur," beber penyuka olahraga ekstrim seperti surfing, diving, skateboard, snowboard dan crossfit ini.

Dengan semangat untuk bangkit inilah, perlahan ia berhasil kembali menjadi pengusaha sukses. Kini, lewat Hanglekiu Group yang dirintis bersama sahabatnya Rionaldo, dirinya mampu menjadi pengusaha sukses kembali.

"Kuncinya menjadi pengusaha sukses adalah dengan terus mencari peluang dan memperluas network/jaringan. Jangan lupa, tetap jaga kepercayaan dan reputasi, dan selalu berani bermimpi diiringi dengan usaha maksimal," beber penggemar moge dan mobil sport ini.

Sebagai pengusaha, Reza kini juga aktif berorganisasi di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Kamar Dagang Indonesia (KADIN), beberapa klub motor Harley Davidson dan klub Supercar. (B-4)

BERITA TERKAIT