28 March 2023, 16:33 WIB

IHSG Ditutup di Zona Hijau


Antara |

INDEKS Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa (28/3) ditutup menguat mengikuti penguatan bursa saham kawasan Asia dan global. Semenjak dibuka menguat, pasar betah di area positif hingga penutupan. 

IHSG ditutup menguat 51,40 poin atau 0,77% ke posisi 6.760,3. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 naik 6,20 poin atau 0,67% ke posisi 935,3.

"Penguatan IHSG hari ini sejalan dengan pergerakan bursa global dan regional Asia yang bergerak menguat, di sisi lain harga komoditas dunia seperti batu bara juga mendukung penguatan IHSG dan sektor energi," ujar Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana.

Baca juga: Dibuka Menguat, IHSG Menguji Level 6.800

Namun demikian, lanjut Herditya, para pelaku pasar masih mencermati perkembangan penanganan krisis likuiditas perbankan di Amerika Serikat (AS) yang mulai merambah ke Eropa.

Baca juga: IHSG Berpotensi Menguat Seiring Menguatnya Nilai Tukar Rupiah

Terdapat kekhawatiran pasar terhadap kesehatan perbankan di Eropa, yang sebelumnya juga terjadi di AS, merespon masalah Deutsche Bank menyusul lonjakan biaya credit default swap atau sejenis asuransi untuk pemegang obligasi perusahaan. (Z-6)

BERITA TERKAIT