16 March 2023, 22:47 WIB

Bantu Ekspor Perikanan, Aruna Bantu Nelayan Penuhi Standar Keamanan Pangan Global


Mediaindonesia.com |

KEMENTERIAN Kelautan dan Perikanan (KKP) mendorong pelaku industri untuk melakukan ekspor komoditas produk perikanan. 5 komoditas produk perikanan yang ditargetkan pemerintah dapat mendunia yakni udang, lobster, kepiting, rumput laut dan tilapia. 

Mendukung upaya tersebut, Aruna, platform agregator perikanan dan rantai pasok terintegrasi asli Indonesia, terus membantu pelaku usaha untuk bisa masuk pasar dunia. Tercatat, sudah 3 komoditas dari target pemerintah, yaitu kepiting, udang dan ikan, berhasil dibawa Aruna untuk mendunia.

“Produk Aruna sudah lama ada di market internasional, tentunya dengan fokus komoditi yang berbeda tiap negara. Contohnya Kepiting Aruna telah diakui kualitasnya oleh masyarakat Amerika dan kami selalu memenuhi demand mereka akan ini. Menyusul beberapa komoditas unggulan kami lainnya yang tak kalah digemari oleh masyarakat internasional juga,” ujar Utari Octavianty, CoFounder dan Chief Sustainability Aruna.

Baca juga : Eiger Awali Go Global Ditandai Hadirnya Gerai di Swiss

Saat ini, Aruna telah memiliki lebih dari 23 komoditas produk perikanan unggulan dengan kualitas internasional. Seluruh produk Aruna dapat dilihat di e-commerce Seafood by Aruna agar konsumen lokal maupun internasional dapat membeli produk unggulan Aruna. 

Utari mengungkapkan, Aruna telah tumbuh bersama 40.000 nelayan dan 500 perempuan pesisir dalam menghasilkan produk perikanan yang telah memenuhi Global Standard Food Safety dengan penilaian tertinggi hingga layak untuk dipasarkan di market international. 

Baca juga : Kementan dan Pemprov NTB Tingkatkan Akses Pasar Ekspor Kopi Dan Moringa Ke Eropa

"Dengan ini, Aruna semakin optimis membantu pemerintah melakukan hilirisasi produk perikanan di Indonesia agar mendunia," ujarnya. (RO/Z-5)

BERITA TERKAIT