15 March 2023, 10:28 WIB

Menperin Bidik Realisasi Rp250 Triliun di Business Matching PDN 2023


Mediaindonesia.com |

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita membidik realisasi transaksi sebesar Rp250 triliun pada penyelenggaraan Business Matching Produk Dalam Negeri 2023 yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, pada 15-17 Maret 2023.

 

Target itu ia paparkan saat membuka Business Matching Produk Dalam Negeri 2023 yang juga dihadiri Presiden Joko Widodo.

“Target realisasi, bukan komitmen, pembelian produk dalam negeri oleh lembaga negara kementerian/lembaga, pemerintah daerah dan BUMN/BUMD, badan usaha tertentu senilai minimal Rp250 triliun,” ujar Agus.

Baca juga: Impor KRL Bekas, Menperin: Masih Tunggu Audit BPKP

Business Matching PDN kali ini adalah tahap V, yang dikemas dengan konsep One Stop Event.

Selain menampilkan pameran, tersedia juga Desk Business Matching yang bisa dimanfaatkan para pelaku usaha dan kementerian/lembaga untuk melakukan temu bisnis.

Baca juga: Siap-siap, Menperin Sebut Produsen Motor Listrik Penerima Insentif akan Bertambah

Ada juga fasilitas lain yakni Pojok Konsultasi untuk peserta kegiatan yang membutuhkan penjelasan teknis terkait dengan pelaksanaan perencanaan, pengadaan, pengawasan, sertifikasi TKDN, sertifikasi TKDN IK, atau konsultasi lainnya.

“Terdapat pula talkshow dan bimbingan teknis, di sepanjang pelaksanaan Business Matching, untuk mendukung implementasi P3DN,” ucap Menperin.

Agus menyampaikan Business Matching 2023 juga akan mencakup terpetakannya kebutuhan barang pada pengadaan barang/jasa yang akan dilakukan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, BUMN dan BUMD pada 2023.

Selain itu, tersosialisasikannya aturan penggunaan produk dalam negeri serta kemampuan hasil produksi dalam negeri dalam memenuhi pengadaan barang/jasa pemerintah.

“Kami percaya bahwa acara Business Matching ini memiliki kontribusi yang tidak sedikit dalam membangun optimisme tersebut, ini memperlihatkan keberpihakan Pemerintah kepada iklim usaha dan kinerja industri nasional,” tandas Agus. (Ant/Z-11)

BERITA TERKAIT