25 January 2023, 16:15 WIB

Airlangga Sebut Perppu Cipta Kerja Demi Investor, Kok Bisa?


Andhika Prasetyo |

MENTERI Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Cipta Kerja sangat dibutuhkan demi menjaga kondisi perekonomian, terutama dari sisi investasi, tetap stabil di dalam negeri.

Regulasi tersebut diyakini akan membuat para pemilik modal asing tidak akan membawa lari uang mereka dari Indonesia ke Amerika Serikat yang kini masih menetapkan suku bunga acuan tinggi.

"AS terus menaikkan tingkat suku bunga. Kita khawatir terjadi capital flight. Kalau terjadi capital flight, investasi menjadi berat. Maka itu, kita selesaikan dengan kepastian hukum," ujar Airlangga di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (25/1).

Menurutnya, di tengah kondisi dunia yang masih penuh dengan ketidakpastian, pemerintah harus melakukan upaya khusus. Penerbitan Perppu merupakan bagian dari upaya tersebut.

"Ini kegentingan memaksa, bagaimana kita memitigasi risiko ketidakpastian. Ketidakpastian itu riil kalau kita lihat bagaimana mitra utama indonesia, AS, Eropa, mereka menghadapi ketidakpastian akibat perang Rusia dan Ukraina yang satu tahun belum selesai," terangnya.

Pemerintah, lanjut dia, juga melakukan upaya ekstra untuk menahan arus dollar AS keluar melalui kebijakan penguatan Devisa Hasil Ekspor.

Langkah tersebut masih terus dimatangkan bersama seluruh kementerian/lembaga terkait. "Kita bahas sekitar tiga bulan bersama BI dan yang lainnya," tandaS Ketua Umum Partai Golkar itu. (OL-8)

BERITA TERKAIT