24 January 2023, 19:41 WIB

Jubir Wapres: Stok Beras dalam Negeri Tahun ini Cukup


Emir Chairullah |

KEMENTERIAN Pertanian mengklaim ketersediaan stok beras yang ada di dalam negeri cukup untuk konsumsi lokal. Menurut Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi, pemerintah sebenarnya tidak perlu melakukan impor beras untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

"Menurut Menteri Pertanian stok nasional tahun ini akan cukup. Pada dasarnya tidak impor pun sudah cukup," kata Masduki dalam keterangan persnya usai pertemuan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di kediaman Wapres, Jakarta, Selasa (24/1).

Hal ini untuk meredakan kekhawatiran publik atas ketersediaan beras dalam negeri akibat bermacam bencana di sejumlah wilayah penghasil beras nasional. Namun, ungkap pria yang akrab dipanggil Cak Duki, impor beras terpaksa dilakukan karena ada kondisi psikologis yang harus diatasi pemerintah seperti harga jual di konsumen yang terlalu tinggi. "Jadi ada kondisi kemahalan harga dan faktor lain yang menyebabkan harus impor walaupun tidak impor sebenarnya sudah cukup," jelasnya.

Cak Duki menambahkan, dalam pertemuan itu Mentan mengungkapkan bahwa saat ini kondisi pembangunan pertanian di Indonesia sudah berjalan dengan baik. "Karena itu dalam pertemuan tersebut Mentan mengundang Wapres untuk mengunjungi daerah yang sukses pembangunan pertaniannya, baik di Jawa dan luar Jawa," pungkasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT