24 January 2023, 18:52 WIB

Investasi Saham AS Diminati, Triv.co.id Luncurkan Fitur Dividen Saham


mediaindonesia.com |

PLATFORM jual-beli kripto dan saham AS, Triv.co.id meluncurkan fitur baru berupa dividen token saham. Fitur ini diluncurkan untuk memberi kemudahan investor dalam menerima dividen token saham yang telah dibeli.

Dengan fitur ini investor bisa mendapat dividen dengan jauh lebih mudah dan otomatis langsung ke dompet Triv. 

“Alasan Triv meluncurkan dividen saham ini adalah untuk membantu para pengguna Triv untuk memperkuat posisi portfolio investasi mereka,” urai Jordan Simanjuntak Chief Marketing Officer (CMO) Triv.co.id. dalam keterangan, Selasa (24/1).

Peluncuran fitur dividen saham AS oleh Triv ini menurut Jordan disertai dengan alasan kuat.

Dengan kondisi market saham dan kripto yang cenderung bearish seperti saat ini, maka dividen saham dapat memperbaiki portofolio investasi yang dimiliki investor.

Adapun beberapa perusahaan yang rutin membagikan dividen saham di antaranya seperti Apple, IBM, Verizon, Pfizer yang telah listing dan bisa didapatkan di aplikasi Triv. 

“Pada umumnya perusahaan-perusahaan yang berfundamental bagus seperti Apple rutin membagikan dividen pada setiap kuartal," jelasnya.

"Dan dividen token saham lebih unggul daripada pasar saham konvensional karena dividen tersebut dapat ditarik 24/7 ke semua bank atau e-money tanpa hari libur,” ujar Jordan.

Baca juga: Binance Umumkan Pengguna Kini Bisa Beli Kripto dengan Apple Pay dan Google Pay

Karena itu dividen token saham dipandang akan membantu para investor untuk mendapatkan tambahan cash flow selama terjadinya bear market yang sudah terjadi sejak awal 2022 hingga saat ini.

“Seperti yang kita ketahui bahwa Bank Sentral AS yang biasa disebut The Fed masih akan terus menaikkan suku bunga dalam tahun ini," katanya.

"Akibatnya, likuiditas dari aset berisiko  seperti saham dan kripto akan berpindah ke surat utang negara yang lebih aman  dan stabil. Dampaknya pasar saham dan kripto mengalami kondisi bearish atau cendurung menurun,” jelas Jordan.

Selain itu, investasi token saham lebih mudah jika dibandingkan dengan saham konvensional.

Tidak seperti pasar saham konvensional, yang hanya beroperasi Senin - Jumat. Token saham dapat diperdagangkan 7 hari 24 jam tanpa hari libur.

Penjualan token saham ke rekening bank juga tidak membutuhkan waktu settlement yang lama seperti saham konvensional.

“Token saham dapat langsung dicairkan ke rekening bank anda dalam hitungan menit.  Perbedaan lainnya adalah dalam pasar saham konvensional yang mewajibkan pembelian minimal 1 lot, token saham dapat dibeli secara pecahan bahkan mulai dari Rp 50.000 saja,” urai Jordan.

Adapun investor bisa mendapatkan dividen ketika telah memiliki token saham pada tanggal pembagian dividen oleh perusahaan terkait.

Contohnya, jika dividen Apple dibagikan pada tanggal 13 Januari, maka posisi saldo dompet nasabah harus memiliki token saham Apple pada tanggal 13 Januari tersebut. 

“Jika investor membeli Token saham tersebut pada tanggal 12 Januari akan tetap mendapatkan dividen walaupun token saham tersebut baru saja dibeli selama 1 hari, yang harus diperhatikan adalah selama pada jadwal pembagian dividen, dompet Triv anda memiliki saldo token saham dari perusahaan terkait,” terang Jordan.

Peluncuran fitur dividen saham ini sendiri ditujukan demi meningkatkan kepuasan customer existing sekaligus menumbukan minat investasi customer baru.

“Harapannya dengan adanya token saham dan kemudahan dalam pembagian dividennya, dapat meningkatkan investasi customer existing sekaligus menumbuhkan minat investasi dari investor milenial dan gen Z untuk mulai berinvestasi di Triv.co.id," paprnya.

"Hal ini juga sejalan dengan data saat ini bahwa lebih dari 60% customer Triv.co.id merupakan investor milenial,” urai Jordan. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT