20 December 2022, 11:39 WIB

Melalui Program Kabayan, Danamas Dukung Budi Daya Ikan Binaan eFishery


mediaindonesia.com |

DIAWALI pada Desember 2021, kini kerja sama yang terjalin antara Danamas dan eFishery telah membuahkan pertumbuhan yang melebihi ekspektasi.

Dalam kurun waktu kurang dari setahun, jumlah pembudi daya ikan air tawar yang telah diberikan bantuan akses permodalan sudah meningkat sebanyak lebih dari 85%, yaitu 1.861 individu.

Total akses pembiayaan yang sudah dicairkan oleh Danamas melalui eFishery kepada para pelaku industri perikanan ini sudah mencapai lebih dari Rp61,5 miliar dari awal tahun 2022 hingga September 2022 dan terus meningkat,

Dengan peningkatan tersebut, otomatis menjadikan Danamas sebagai solusi pendanaan kedua tertinggi di dalam ekosistem eFishery.

Sebagai salah satu mata pencaharian yang memiliki dampak besar dan penting dalam pemenuhan pangan berkualitas bagi penduduk Indonesia, sektor perikanan merupakan industri yang layak mendapatkan perhatian dan dukungan yang lebih baik.

Melalui kolaborasi eFishery dan Danamas, para pembudi daya ikan air tawar ini dimampukan untuk mendapatkan bantuan pendanaan untuk mengakses pakan berkualitas serta perawatan untuk ikannya, sehingga bisa mendapatkan hasil panen yang berkualitas dengan harga terbaik di pasar.

Baca jugaPresiden Jokowi Minta PNM Mekaar Miliki 20 Juta Nasabah Tahun 2024

“Kemudahan yang didapatkan oleh pelaku industri perikanan ini merupakan wujud komitmen Danamas dalam memberikan akses pendanaan kepada para pelaku usaha kecil dan menengah, khususnya mereka yang benar-benar membutuhkan kemudahan dalam akses permodalan untuk meningkatkan potensi usahanya," ujar Joyce Andries, CEO Danamas.

"Dengan perbaikan dari kualitas pakan serta perawatan melalui teknologi yang difasilitasi oleh eFishery, diharapkan jumlah produksi serta angka konsumsi ikan di tengah masyarakat Indonesia juga semakin meningkat,” kata Joyce.

Kolaborasi antara Danamas dan eFishery ini dihadirkan melalui program Kabayan, yang merupakan kependekan dari Kasih Bayar Nanti.

Melalui program ini, para pembudi daya ikan diberikan sejumlah pilihan akses permodalan mulai dari Rp20 juta–Rp1 miliar yang dapat dipergunakan untuk memanfaatkan fasilitas pakan dan perawatan ikan yang disediakan oleh eFishery.

Sejumlah kemudahan yang bisa didapatkan oleh pelaku industri perikanan ini adalah proses persetujuan dan validasi yang sangat singkat dalam waktu sehari dan tenor pelunasan setelah panen ikan dalam jangka waktu 1 hingga 6 bulan.

Gibran Huzaifah, Co-founder dan CEO eFishery mengatakan, “Kemudahan akses permodalan ini mampu memberikan ketenangan pikiran pagi para pembudi daya ikan dalam proses pembibitan, pemeliharaan, hingga proses panen dan pemasaran ikannya ke pasar."

"Dengan kolaborasi eFishery dan Danamas, para pembudi daya ikan ini diharapkan bisa semakin maksimal dalam menjalankan usahanya,” ujar Gibran.

Sejumlah jenis ikan yang dibudidayakan oleh para pembudi daya ini di antaranya adalah ikan mas, lele, nila, patin, gurame, dan beragam jenis ikan air tawar lainnya.

Program Kabayan ini merupakan salah satu kesuksesan yang telah dicapai oleh eFishery melalui dukungan akses permodalan dari Danamas.

Program Kabayan akan terus ditingkatkan di tahun-tahun berikutnya melalui uji coba akses permodalan di pelaku industri perikanan lainnya seperti udang dan nelayan agar semakin memperkuat bukti komitmen Danamas untuk mewujudkan inklusi keuangan. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT