09 December 2022, 12:11 WIB

Libur Nataru, Kemenhub Inspeksi Pesawat di 38 Bandara


Insi Nantika Jelita |

JELANG libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara melakukan kegiatan ramp check atau inspeksi pesawat di 38 bandara.

Pelaksana tugas (Plt). Direktur Jenderal Perhubungan Udara Maria Kristi Endah Murni mengatakan ramp check merupakan proses penting untuk menjamin keselamatan transportasi udara mengingat menjelang Nataru frekuensi penerbangan akan lebih meningkat dari biasanya.

Berdasarkan data yang ada, jumlah penumpang transportasi udara pada masa libur Nataru tahun ini diprediksi akan mencapai 3,62 juta penumpang atau 52,7% lebih besar dari tahun lalu. Peningkatan jumlah penumpang dikarenakan tidak ada aturan pembatasan mobilitas pada penyelenggaran Nataru tahun ini.

"Inspeksi pesawat dilakukan untuk memverifikasi kepatuhan terhadap standar dan peraturan yang telah ditetapkan oleh International Civil Aviation Organization (ICAO)," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (9/12).

Kristi menyebutkan, yang akan dilaksanakan oleh tim dari Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) dan Kantor Otoritas Bandar Udara (OBU) Wilayah I sampai dengan wilayah X.

"Kami berkoordinasi terus dengan otoritas bandar udara dan maskapai terkait ramp check ini untuk meningkatkan aspek keselamatan penerbangan pada libur Nataru nanti," tuturnya.

Baca juga: Nataru, Penumpang Kapal Penyeberangan Diprediksi Tembus 2 Juta Orang

Selanjutnya, Kristi mengatakan, pihaknya akan melakukan inspeksi terhadap pesawat yang saat ini telah terdaftar dan mempunyai sertifikat untuk beroperasi atau disebut Air Operator Certificate (AOC).

Per November 2022, pesawat yang serviceable atau layak terbang sebesar 367 pesawat di AOC 121 dan 223 pesawat di AOC 135.

"Pesawat ini lah yang siap melayani kebutuhan masyarakat pada libur Nataru nanti," tukasnya.

Sebagai informasi, AOC 121 adalah sertifikat yang diberikan kepada pesawat berkapasitas di atas 30 tempat duduk. Sedangkan AOC 135 merupakan sertifikat yang diberikan kepada pesawat berkapasitas dibawah 30 tempat duduk.(OL-5)

BERITA TERKAIT