02 December 2022, 23:21 WIB

Petrokimia Gresik Raih Platinum Rank di ASRRAT 2022


Andhika Prasetyo |

PETROKIMIA Gresik meraih penghargaan Platinum Rank dalam ajang Asia Sustainability Reporting Rating Award (ASRRAT) 2022 yang diadakan oleh National Center for Corporate Reporting (NCCR).

Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo mengungkapka, penghargaan tersebut dapat diraih karena perseroan selalu mengedepankan transparansi dalam setiap pembuatan laporan. Penguatan transparansi itu menjadikan hasil penilaian di ajang ASRRAT meningkat dari Gold Rank menjadi Platinum Rank yang merupakan level tertinggi.

"Prestasi ini merupakan wujud kerja keras Petrokimia Gresik untuk masyarakat dan lingkungan. Tidak hanya karena komitmen transparansi sebagai wujud dari tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat, tetapi juga karena fokus kami melalui berbagai program berkelanjutan yang dilaksanakan pada 2021," ujar Dwi Satriyo melalui keterangan tertulis Jumat (2/12).

Sustainability Report atau laporan berkelanjutan Petrokimia Gresik berjudul 'Strengthening Resilience for Enhancing Growth'. Dalam laporan tersebut, sepanjang 2021, anak usaha Pupuk Indonesia Holding Group itu dinyatakan telah melakukan kinerja berkelanjutan yang dinilai sangat baik terutama di bidang lingkungan dan sosial.

Baca juga : SIG Raih Penghargaan Top Sustainable Development Goals pada Ajang Top SDGs Award 2022

Adapun, sejumlah program yang dilakukan adalah pegolahan limbah. Program itu memiliki izin pengecualian gipsum Petrokimia Gresik dari kategori limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) yang dikeluarkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), sehingga pengelolaannya semakin flexible dan dengan pemanfaatan gipsum mampu mengurangi gas CO2 pada efek rumah kaca.

Kinerja lingkungan kedua yang dimuat dalam laporan berkelanjutan adalah pengukuran air limbah yang dilakukan oleh pihak eksternal maupun internal secara rutin setiap bulan. 

Dalam kinerja lingkungan, Petrokimia Gresik juga melakukan upaya pelestarian sumber daya, di antaranya melalui penghematan penggunaan air bagi produksi, serta melakukan efisiensi pada konsumsi energi, diantaranya melalui penerapan konsep Green Port. Selain itu, Petrokimia Gresik di 2021 juga telah melakukan penanaman sebanyak 12.300 pohon sebagai komitmen untuk perbaikan lingkungan di sekitar perusahaan.

"Berkat keseriusan dan konsistensi perusahaan dalam bidang pengelolaan lingkungan, Petrokimia Gresik juga berhasil meraih Propernas Emas dari KLHK. Ini menjadi catatan sejarah baru, karena merupakan capaian pertama dalam sejarah berdirinya perusahaan," tandas Dwi Satriyo. (OL-7)

BERITA TERKAIT