01 December 2022, 16:11 WIB

Menkeu: Perencanaan Belanja Negara Masih Harus Diperbaiki


Andhika Prasetyo |

MENTERI Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengakui kualitas belanja negara baik di pusat dan daerah masih harus terus diperbaiki.

Saat ini, ia mengatakan belanja kementerian, lembaga dan pemda belum sepenuhnya direncanakan secara matang.

"Belanja kementerian dan lembaga memerlukan perencanaan yang matang, detail dan pemahaman kondisi lapangan," ujar Sri Mulyani di Istana Negara, Jakarta, Kamis (1/12).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu juga menekankan bahwa anggaran harus didesain secara efisien dan tepat guna serta berbasis pada manfaat.

"Dengan begitu, kita bisa menghindari APBN mengalami sisa anggaran yang berlebih akibat ketidakmampuan untuk eksekusi," tuturnya.

Baca juga: Pemerintah Tetapkan Defisit APBN 2023 di Bawah 3 Persen

Belanja negara yang baik begitu penting untuk mendukung tercapainya target pembangunan dan kemakmuran rakyat secara merata.

Sinergi antara pusat dan daerah juga menjadi kunci agar program-program bisa berjalan beriringan dan saling melengkapi, tanpa terjadi tumpang tindih.

"Oleh karena itu, kita akan mendukung sistem penganggaran yang terintegrasi untuk mempercepat dan menyamakan langkah seluruh pemangku kepentingan demi mencapai sasaran pembangunan nasional," tandasnya.(OL-4)

BERITA TERKAIT