30 November 2022, 06:30 WIB

Resesi Global Mengancam, Antisipasi Hukum Perlu Dipersiapkan


Mediaindonesia.com |

Resesi global dipicu oleh berbagai macam hal, salah satunya adalah konflik antara Rusia dan Ukraina. 

Resesi global tidak hanya berpengaruh kepada stabilitas keuangan secara makro, namun berimbas juga kepada transaksi dan aksi korporasi yang terjadi, penurunan kapasitas penggunaan tenaga kerja, hingga terjadinya kepailitan dan restrukturisasi hutang oleh perbankan.

Menyikapi hal tersebut,  pada Selasa (29/12)  ADCO Law menyelenggarakan forum diskusi daring bertajuk “ADCOTalks 2023: Thinking Outside Pandora’s Box”, yang mengundang para praktisi hukum dan bisnis ternama, dari Indonesia hingga Singapura. Forum diskusi terbagi atas dua sesi. Sesi pertama membahas berbagai macam tantangan dan dampak dari resesi global dan forum penyelesaian sengketa. Sementara sesi kedua membahas mengenai lingkup transaksi dan aksi korporasi ditengah resesi global. 

Pada  sesi pertama, ADCO Law menghadirkan praktisi hukum kenamaan, seperti Alexandra Gerungan, Partner dari ADCO Law, yang menyampaikan materi tentang antisipasi hukum sehubungan dengan risiko resesi global khususnya di Asia Tenggara. 

Morales Sundusing, Legal Counsel dari ADCO Law  memberikan pemahaman mengenai hukum ketenagakerjaan yang harus diantisipasi pelaku usaha, serta Partner dari Peter & Kim, James Morrison yang menjelaskan tentang prosedur penyelesaian sengketa di Singapore international Arbitraton Center (SIAC).

“Sebagai firma hukum yang berpengalaman dalam praktik litigasi, kami mendampingi pelaku usaha dalam memetakan risiko hukum dan bisnis hingga ke proses penyelesaian sengketa, baik di pengadilan maupun forum penyelesaian sengketa lain yang dipilih oleh Klien kami," ujar  Alexandra Gerungan.

"Semoga dengan adanya ADCOTalks ini, para pelaku usaha dapat terbantu dalam memitigasi dan menghadapi risiko hukum yang mungkin terjadi” tambah Partner ADCO Law itu.

Pada sesi kedua yang dimoderatori oleh Dendi Adisuryo, Partner dari ADCO Law, pembahasan dilanjutkan mengenai tren transaksi merger & akuisisi di tengah resesi yang disampaikan oleh Alta Mahandara, Partner ADCO  Law. Hadir juga dalam forum ini, Marius Toime, Partner K&L Gates  yang membahas dampak resesi pada transaksi korporasi. 

Sesi kedua ditutup dengan penjelasan mengenai pengelolaan keuangan dan pajak bagi pelaku usaha, yang disampaikan langsung oleh Roy Sibuea, Director dari EY Indonesia.

Peserta yang hadir mengikuti diskusi hari itu pun merasa puas dengan acara yang diadakan ADCO.  “Dialog yang dibawakan oleh para panelis di ADCOTalks hari ini sangat relevan dengan isu terkini,” ungkap Boy Gemino Kalauserang, Group Legal Advisor Pamapersada Nusantara sekaligus Direktur Bhumi Jati Power. 

ADCO Talks merupakan program rutin yang diadakan oleh ADCO Law sebagai ruang temu bagi setiap pemangku kepentingan. Selain menghadirkan para legal counsel dari ADCO Law untuk membahas risiko hukum dari berbagai macam aksi korporasi, ADCO Law juga secara secara konsisten menghadirkan perwakilan dari pemerintah maupun sektor bisnis untuk memperkaya topik yang sedang dibahas. (RO/E-1)
 

BERITA TERKAIT