23 November 2022, 19:10 WIB

Tingkatkan TKDN, PT Chint Indonesia Teken Kerja Sama dengan PLN


mediaindonesia.com |

PT PLN (Persero) menyelenggarakan kegiatan PLN Local Content Movement for The Nation (Locomotion) 2022 yang bertujuan meningkatkan penggunaan produk dalam negeri melalui komitmen Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Kegiatan ini berlangsung pada 23-24 November 2022 bertempat di Jakarta Convention Center (JCC) yang melibatkan berbagai stakeholders seperti BUMN dan swasta.

Salah satu agenda utama dalam kegiatan ini adalah dilakukannya penandatanganan kerja sama (MoU) pada Rabu (23/11) antara PLN dengan mitra strategis yang memiliki visi selaras dengan pemerintah dalam mencapai target peningkatan pada sektor kelistrikan.

Salah satu mitra strategis yang mendukung PLN dalam mewujudkan target nasional adalah PT Chint Indonesia, sebagai salah satu pemasar produk elektrikal tegangan rendah terbesar di Indonesia.

“Kami mendukung penuh target pemerintah dalam peningkatan TKDN di Indonesia. Bersama PLN, PT Chint Indonesia yakin bahwa komitmen ini dapat kami penuhi karena target ini sesuai dengan visi perusahaan ‘go global, think local’” ujar Ace Chang, Direktur PT Chint Indonesia.

Baca juga: Belanja Modal PLN Terserap Rp8,4 Triliun untuk UMKM

Penandatanganan kerja sama antara PLN dengan PTChint Indonesia turut didampingi oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto,Plt. Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Dadan Kusdiana, Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo, dan Direktur PT Chint Indonesia Ace Chang,menjadi momentum penting untuk mendorong peningkatan produktivitas produk kelistrikan buatan anak bangsa.

Target TKDN ini menjadi motivasi bagi perusahaan untuk menjadikan Indonesia sebagai negara basis produksi produk kelistrikan khususnya untuk wilayah Asia Pasifik.

Komitmen ini akan didukung melalui langkah nyata dengan menyusun program-program TKDN yang dapat dicapai, mengutamakan produk-produk dengan perkembangan yang berkelanjutan.

Komitmen juga menjadikan Indonesia sebagai market leader produk kelistrikan, dengan menyasar pasar global sebagai target utama dan mendapat penilaian dari Asia Pacific Accreditation Cooperation (APAC) untuk target secara spesifik yang ingin dicapai.

Terkait dengan penerapan produk perusahaan dengan dimulainya komitmen TKDN, PT Chint Indonesia akan melakukan penyesuaian dari produk perakitan sederhana menjadi produksi otomatis dalam dua tahun ke depan. 

Kerja sama melalui komitmen TKDN ini diharapkan Indonesia dapat mencapai ekosistem industri dalam negeri yang lebih kokoh, meningkatkan produktivitas dalam negeri, membangun lapangan pekerjaan serta menjadikan Indonesia sebagai negara maju di tahun 2045.

“Kami berharap komitmen nyata ini dapat dipahami oleh masyarakat sebagai cara PTChint Indonesia untuk mendukung peningkatan produktivitas produk kelistrikan nasional," papar Geoffrey Eddy, selaku Head of Sales PT Chint Indonesia. 

"Kami ingin berkembang bersama dengan masyarakat dengan target menjadikan Indonesia eksportir dan market leader produk kelistrikan di Asia Pasifik,” kata Geoffrey.

Sebagai informasi, Acara PLN Locomotion 2022 ini terdiri dari berbagai rangkaian acara yang mempertemukan antara pelaku bisnis lokal, pengguna, dan para pemangku kepentingan.

Beberapa rangkaian kegiatan yang dapat diikuti adalah adanya exhibition atau pameran, talkshow yang membahas peta tantangan sektor kelistrikan, peluang penerapan ekosistem elektrifikasi di Indonesia serta peningkatan penggunaan produksi dalam negeri.

Selain itu adanya Focus Group Discussion (FGD) yang membahas kebijakan dan regulasi yang mendukung peningkatan kapabilitas industri nasional pada sektor ketenagalistrikan.

Berdiri sejak tahun 2005, pada tahun 2020 PT Chint Indonesia resmi menjadi subsidiari dari Chint Global.

Chint adalah produsen elektrikal terbesar di Asia yang menyediakan solusi total untuk semua kebutuhan listrik.

Pilar industri Chint terdiri dari Low Voltage Electrical Equipment, Photovoltaic Equipment, Energy Storage, Power Transmission & Distribution, Intelligent Terminal, Software Development, dan Control Automation. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT