17 November 2022, 18:08 WIB

Deklarasi Bali Jadi Peluang Besar Bagi Dunia Usaha Indonesia


Ficky Ramadhan |

DIREKTUR Eksekutif Segara Institute Piter Abdullah menilai, Bali Leader Declaration atau Deklarasi Bali adalah refleksi keberhasilan Indonesia sebagai Presidensi G20. Ditengah ketegangan politik dimana perang Ukraina-Rusia masih berlangsung, deklarasi ini dapat dihasilkan dan tentunya hal ini menambah nilai keberhasilan Indonesia.

Piter mengatakan, adapun keberhasilan Indonesia sebagai Presidensi G20 ini juga didukung oleh banyaknya kesepakatan konkrit seperti terbentuknya Pandemic Fund, Energy Transation Fund, serta Global Financial Safety Net.

"Forum G20 ini tidak hanya berhasil menampilkan wajah Indonesia yang ramah dan kaya budaya, tetapi juga berhasil mendatangkan devisa serta komitmen investasi," ujar Piter saat dihubungi, Kamis (16/11).

Dalam dunia usaha, Piter melanjutkan, forum G20 dan B20 juga telah menghasilkan banyak kesepakatan investasi. hal ini tentunya dapat menjadi kesempatan besar bagi dunia usaha Indonesia.

"Ajang forum B20 dan G20 telah menjadi etalase berbagai peluang investasi yang menarik bagi investor global," ucapnya.

Piter berharap, semua kesepakatan yang dicapai di Bali dapat dikawal untuk segera direalisasikan dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi perekonomian Indonesia.

Baca juga: Efek Ganda Presidensi G20 Bagi Perekonomian Indonesia

Sementara itu, dihubungi secara terpisah, Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Bob Azzam mengatakan, forum G20 itu sendiri telah memberikan kesempatan bagi pengusaha di Indonesia, terutama dalam membuka cakrawala pengusaha mengenai era dekarbonisasi.

Menurutnya, jika Indonesia dapat memanfaatkan peluang industri hijau ini, tentunya bisa menjadi main driver ekonomi bagi Indonesia kedepan nanti.

"Forum G20 telah memberikan peluang industri hijau sebagai driver ekonomi kita kedepan. Itu lah sebab nya kita harus bisa infront of the change, terutama menyiapkan ekosistem & SDMnya," ujarnya.

Ia berharap dengan terbukanya kesempatan ini, pemerintah Indonesia dapat mengoptimalkan peluang tersebut agar dapat menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi Indonesia kedepannya.

"Kita berharap agar pemerintah Indonesia serta para pengusaha dapat mengoptimalkan dengan sebaik-baiknya kesempatan ini," tutupnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT