11 November 2022, 17:35 WIB

Tingkatkan Kualitas Produk UMKM, Sandiaga Uno Buka Bazar Tumbuh Festival di Jakarta


Mediaindonesia.com |

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno resmi membuka Tumbuh festival yaitu bazar kuliner, diskusi dan musik di Senayan Park mall, Jumat (11/11).

Sandiaga mengapresiasi Tumbuh Festival yang digelar komunitas Yuk Tumbuh bersama, Menurut Sandi UMKM adalah tulang punggung perekonomian dan merupakan pahlawan ekonomi Indonesia dengan kontribusinya mencapai 61% terhadap PDB 2021.

"Saya berharap semakin banyak UMKM yang dapat menghasilkan produk ekonomi kreatif dengan memanfaatkan sumber daya lokal dalam rangka penciptaan peluang usaha dan lapangan kerja baru," kata Sandi.

Tumbuh Festival digelar oleh komunitas Yuk Tumbuh bersama yang didirikan Prilly Latuconsina dan timya untuk meningkatkan pelaku usaha kecil yang ingin mengembangkan usaha, mengalami kendala permodalan dana, dan cara memasarkan produk yang kerap dikeluhkan pedagang kecil.

Komunitas Yuk Tumbuh Bersama berdiri awal 2022 untuk mengembangkan usaha pelaku UMKM. Tercatat 3.000 UMKM mendaftarkan diri menjadi mitra Komunitas Yuk Tumbuh Bersama, tetapi kemudian tim menginagurasi menjadi 50 Pelaku UMKM di tahap Pertama.

Baca juga : Kembangkan Industri 4.0, Di Bali JSN Bikin Kesepahaman dengan Perusahaan Jepang

Co-Founder dan CEO Yuk Group Kiki Puspita Sari mengatakan, pelaku UMKM Komunitas Yuk Tumbuh Bersama diberikan pelatihan dari mulai pelatihan manajemen bisnis, operasional, pengemasan hingga pemasaran produk agar lebih menarik di pasar.

“Selanjutnya Yuk Group menggelar Tumbuh Festival ini yaitu Bazar Kuliner ini untuk lebih mengenalkan ke-50 produk UMKM dan juga membuka peluang kepada masyarakat yang tertarik jadi mitra usaha,” Tambah Kiki.

Untuk para UMKM kuliner Indonesia yang belum berkesempatan mengikuti Komunitas Yuk Tumbuh Bersama kali ini, manajemen memberikan sinyal hijau untuk pembukaan batch selanjutnya setelah program di batch pertama telah usai. 

“Kami menyambut baik antusias dari para pelaku UMKM ini, Program Komunitas ini akan terus dilanjukkan agar bisa membantu lebih banyak membantu Pelaku Usaha UMKM di seluruh Indonesia.” Terang Kiki. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT