04 November 2022, 23:01 WIB

2024, Presiden Jokowi dan Menteri bisa Berkantor di IKN


Henri Salomo Siagian |

PRESIDEN Jokowi (Joko Widodo) dan kementerian diyakini bisa berkantor dengan metode sharing office di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 2024.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Timur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  Rozali Indra Saputra mengungkapkan media briefing yang digelar di Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (4/11).

Indra memaparkan sejumlah gedung yang bakal dituntaskan pada medio 2024 adalah Istana Presiden, Istana Wapres, empat kantor kementerian koordinator, Sekretariat Negara, Kementerian PUPR, tempat ibadah, dan Bank Indonesia.

Selain itu, sambung dia, ragam infrastruktur dasar juga sudah bisa selesai untuk membantu kerja pemerintahan dari IKN. Seperti, jalan, air, rumah tapak menteri, dan rumah susun bagi ASN.

Sehingga, sambung dia, bagi aparatur sipil negara (ASN) di kementerian yang belum bisa memiliki gedung sendiri akan bekerja menggunakan sharing office berdasarkan klaster kemenko.

Indra menggambarkan, kementerian yang berada di satu kemenko akan bekerja di gedung yang sama. Sehingga, bisa saja satu kementerian akan menempati satu lantai sedangkan kementerian lain di lantai yang berbeda. 

Sehingga, Indra optimistis target dari Presiden Jokowi untuk pelaksanaan Upacara 17 Agustus 2024 digelar di IKN bisa tercapai. 

Sebelumnya, Presiden Jokowi optimistis perayaan hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Tahun 2024 dapat digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Demikian disampaikan Jokowi selesai meninjau progres pembangunan IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa 25 Oktober 2022.

Menurut Jokowi saat ini progres pembangunan IKN sudah sangat baik. “Kalau kerjanya seperti ini saya kira insyaallah bisa, harus optimistis,” ujarnya.

Kepala Negara mengungkap bahwa saat ini progres infrastruktur seperti pembangunan bendungan, pengembangan lahan, serta akses jalan berjalan dengan baik.

Pembangunan lahan untuk kantor kementerian, gedung presiden dan wakil presiden sudah berproses.

Tidak hanya itu, jalan tol IKN ke Balikpapan juga sedang berlangsung. Jokowi menyatakan bahwa progres secara keseluruhan dapat terlihat pada Januari 2023.

Pada 2022-2024, merupakan pemindahan tahap awal. Infrastruktur dasar utama yang ditargetkan selesai dibangun dan beroperasi, semisal air dan energi untuk kebutuhan penduduk pionir. Seperti ASN, TNI, dan Polri yang lebih dulu pindah ke IKN Nusantara.

Pada tahapan ini, gedung Istana Kepresidenan, perkantoran, dan perumahan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), dan pemindahan ASN juga mulai tampak. Personel TNI-Polri dijadwalkan berkantor di IKN pada triwulan pertama 2023.  (OL-8)

BERITA TERKAIT