28 October 2022, 09:39 WIB

Saham Meta Anjlok 25%, Kekayaan Mark Zuckerberg Turun Drastis


Insi Nantika Jelita |

KEKAYAAN bersih pendiri Facebook Mark Zuckerberg, Kamis (27/10) turun US$11 miliar menjadi US$36 miliar atau sekitar Rp560 triliun, karena anjloknya saham Meta Platforms yang mencapai 25% menjadi US$97,94, mendorong penurunan saham ke titik terendah sejak Desember 2016.

Dalam pendapatan kuartal ketiga yang dirilis Rabu (26/10), raksasa media sosial tersebut melaporkan penurunan laba sebesar 50% dan pendapatan merosot sebesar 4%, jauh di bawah ekspektasi analis.

Lebih buruk lagi, divisi virtual dan augmented reality Meta telah kehilangan US$9,4 miliar hingga 30 September karena mencoba membuat metaverse.

Baca juga: Dukung KTT G20, Meta Indonesia Rilis Kartu Pos

“Saya mengerti bahwa banyak orang mungkin tidak setuju dengan investasi ini. Tapi, saya pikir ini akan menjadi hal yang sangat penting, dan akan menjadi kesalahan bagi kita untuk tidak fokus pada salah satu area ini,” kata Zuckerberg, Rabu (26/10) setelah pasar saham Amerika Serikat (AS) ditutup.

Penurunan saham menjatuhkan Zuckerberg dari orang terkaya ke-25 di dunia pada penutupan pasar Rabu (26/10) lalu, merosot menjadi orang terkaya ke-29 pada penutupan pasar Kamis (27/10), menurut pelacak 'Real-Time Billionaire' Forbes.

Dengan kerugian dalam unit metaverse-nya, Meta menghadapi persaingan ketat dari TikTok untuk mendapatkan pundi-pundi dolar, serta mundurnya pengiklan di perusahaan itu di tengah kekhawatiran tentang resesi yang akan datang.

Menambah kesengsaraan iklannya, jejaring sosial itu masih belum pulih dari perubahan privasi yang dibuat oleh Apple, tahun lalu, yang mempersulit perusahaan teknologi untuk melacak pengguna di seluruh aplikasi, yang telah memotong pendapatan iklannya. (Forbes/OL-1)

BERITA TERKAIT