24 October 2022, 22:07 WIB

Lapangan Gas HCML di Selat Madura Resmi Beroperasi


Andhika Prasetyo |

LAPANGAN gas milik Husky-CNOOC Madura Limited (HCML) yang berlokasi di Selat Madura, Jawa Timur, sudah mulai berproduksi, pada Minggu (23/10). 

"Gas yang mengalir dari Lapangan MBH ke Fasilitas FPU Trunojoyo 01 telah memenuhi spesifikasi yang dipersyaratkan. Gas kemudian dialirkan ke East Java Gas Pipeline (EJGP) dan resmi memulai masa komersial," ujar VP Operations HCML Perkasa Sinagabariang melalui keterangan tertulis, Senin (24/10).

Pada fase berikutnya, perusahaan akan memindahkan semua Tim Manajemen Proyek (PMT) dan konstruksi lepas pantai untuk menyelesaikan pekerjaan commissioning hook up akhir di platform MDA. Fasilitas itu diharapkan sudah siap memproduksi gas pada pertengahan November 2022.

"Proyek akan memasuki tahap akhir pengembangan yaitu final commissioning dan menempatkan semua sumur pengembangan on stream," sambungnya.

Baca juga : Bahlil: Pertumbuhan Investasi Asing pada Kuartal III 2022 Cetak Sejarah

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Mohammad Kemal memberikan apresiasi atas keberhasilan HCML dalam mengalirkan gas secara komersil. 

Sebagai salah satu kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) yang memberi kontribusi signifikan dalam pencapaian produksi dan lifting nasional, keberhasilan HCML jelas akan memperkuat neraca dan salur gas secara nasional.

“SKK Migas juga mendorong HCML untuk meningkatkan investasi dan menjadi salah satu kontributor yang kuat untuk mendukung tujuan-tujuan pemerintah," tandasnya. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT