23 October 2022, 21:15 WIB

Pasar Saham Indonesia Diproyeksikan Tetap Positif


M Ilham Ramadhan Avisena |

PASAR saham Indonesia dioroyeksikan akan tetap positif meski berada di tengah ancaman ketidakpastian dunia. Kondisi didorong oleh beragam upaya yang dilakukan pemangku kepentingan untuk perekonomian yang berdampak cukup baik ke pasar saham.

Hal itu disampaikan Portofolio Manager-Equity PT Manulife Aset Manajemen Indonesia Andrian Tanuwijaya melalui keterangannya, Minggu (23/10). "Terlepas dari ketidakpastian global yang membayangi pasar, kami memandang positif outlook pasar saham Indonesia," tuturnya.

Dari perspektif jangka pendek, lanjut Andrian, pasar saham Indonesia dapat tetap positif lantaran terjadinya pemulihan ekonomi domestik dan harga-harga komoditas unggulan yang masih suportif pada perekonomian sekaligus menopang fundamen pasar saham.

Sedangkan dalam jangka panjang, pasar saham Indonesia akan tetap positif karena adanya potensi yang menarik dari kebijakan hilirisasi industri. "Sejauh ini hilirisasi di industri nikel telah memberi dampak positif pada kinerja ekspor dan juga menarik investasi asing ke sektor riil Indonesia," kata Andrian.

Ke depan, hilirisasi di industri lain seperti tembaga dan bauksit, serta terintegrasinya Indonesia dengan rantai pasokan industri kendaraan listrik dunia dapat menjadi nilai tambay bagi ekonomi nasional.

"Faktor tersebut dapat menjadi katalis bagi pasar saham Indonesia untuk re-rating," pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT