18 October 2022, 17:31 WIB

Dinilai Mampu Tingkatkan Kemampuan dan Keterampilan Warga, Legislator Puji Kartu Prakerja


Mediaindonesia.com |

ANGGOTA Komisi I DPR RI Hasbi Anshory memuji gagasan Kartu Prakerja dari Presiden Joko Widodo. Menurutnya, program tersebut dapat meningkatkan skill dan keterampilan masyarakat.

Hasbi menuturkan, Kartu Prakerja sangat efektif di tengah berbagai permasalahan yang menimpa masyarakat. Salah satu persoalan rakyat yang dihadapi kala itu adalah pemutusan kontrak kerja karena pandemi Covid-19.

Melalui Kartu Prakerja, Hasbi menyebutkan, sebanyak jutaan masyarakat pencari kerja di Indonesia berhasil dijangkau. Program Kartu Prakerja, lanjut Hasbi, memberikan bantuan uang tunai yang bermanfaat untuk fondasi kebutuhan hidup masyarakat.

Hasbi menjelaskan manfaat Kartu Prakerja bukan hanya berfokus memberikan bantuan uang tunai saja. Namun juga membekali masyarakat dengan kemampuan dan keterampilan dari berbagai bidang.

Baca juga : Bukalapak Gelar Pelatihan di Ekosistem Program Kartu Prakerja

“Sekarang kan ada kartu prakerja dan lain-lain yang bisa berfungsi untuk meningkatkan skill dan keterampilan,” ujar Hasbi setelah mengisi seminar di Universitas Jambi.

Hasbi menerangkan, Kartu Prakerja termasuk ke dalam program jaring pengaman yang direalisasikan oleh Jokowi untuk membantu masyarakat. Baginya, kebijakan tersebut berdampak positif yang dapat menimbulkan multiplier effect ekonomi masyarakat di tengah kondisi geopolitik saat ini.

“Yang jelas ada multiplier effect dari program jaring pengaman sosial. Orang membelanjakan uang dan yang lain dapat multiplier effect. Yang mendapat bantuan bisa membelanjakan uangnya. Yang lain bisa berproduksi,” pungkasnya. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT