04 October 2022, 19:48 WIB

Pemerintah Matangkan Insentif untuk Investor IKN Nusantara


Andhika Prasetyo |

PEMERINTAH sudah dalam tahap akhir pembahasan rancangan peraturan pemerintah terkait insentif bagi pelaku usaha yang akan menanamkan modal di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Insentif itu akan berbentuk fiskal dan nonfiskal. Kami sedang finalisasi bersama Kementerian Investasi dan BKPM, beserta tim dari Kementerian Keuangan, Bappenas serta kementerian/lembaga terkait lain," ujar Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Selasa (4/10).

Selain itu, lanjut dia, pemerintah juga tengah menyiapkan pembentukan badan usaha milik otorita. Lembaga tersebut akan menjadi wadah untuk membantu para investor di IKN.

"Ketika kami melakukan sosialisasi dengan Kadin, kami menerima banyak masukan. Salah satunya, bagaimana mewujudkan kelincahan. Itu bisa kita lakukan kalau ada badan usaha milik otorita, yang akan menangani aspek pengusahaan," tuturnya.

"Jadi kepengusahaan di dalam IKN itu ditangani badan usaha milik otorita yang tentu akan berpartner. Melakukan deal, strukturisasi ataupun financial engineering bersama para investor," imbuh Bambang.

Dengan demikian, pihaknya berharap akan tercipta suatu iklim usaha yang sangat baik dan berkelanjutan. Sehingga, pembangunan di IKN akan berjalan dengan lancar.(OL-11)

 

 

BERITA TERKAIT