03 October 2022, 20:44 WIB

Ini Besaran Gaji Pramugari Terbaru


Meilani Teniwut |

MENJADI pramugari memang menjadi dambaan banyak wanita muda. Dengan berpenampilan menarik, banyak menyimpan rahasia yang tidak semua orang mengetahui.

Pramugari merupakan staf atau karyawan perusahaan pengangkutan umum (baik udara, darat, dan laut) yang bertugas melayani penumpang.

Baca juga: Patuh Persyaratan agar Ekspor Tanaman Hias Lancar

Untuk menjadi pramugari, biasanya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Berapa gaji pramugari per bulan?

Gaji pramugari per bulan biasanya akan ditentukan berdasarkan status, jam terbang, dan maskapai penerbangannya.
Berikut ini adalah daftar gaji pramugari yang telah di rangkum dari berbagai sumber. 

1. Gaji pramugari Garuda Indonesia
Gaji pramugari di maskapai BUMN ini terbilang cukup besar. Seperti yang kita tahu maskapai penerbangan Garuda adalah salah satu maskapai terbaik di Indonesia.

Untuk gaji pramugari pesawat yang masih berstatus junior atau dalam masa training sebesar Rp 15 juta per bulan. Sementara, gaji pramugari Garuda Indonesia dengan jam terbang tinggi berada dinilai Rp 30 juta per bulan.

Total gaji pramugari pesawat tersebut, belum termasuk fasilitas yang didapatkan seperti jatah tiket untuk keluarga inti, akomodasi selama perjalanan, dan fasilitas lainnya.

2. Gaji pramugari Lion Air
Gaji pramugari Lion Air adalah Rp 15-20 juta per bulan. Gaji itu sudah dijumlahkan dengan uang tambahan selama melakukan penerbangan.

Gaji pokok pramugari junior Lion Air sekitar Rp 2-3 juta, sedangkan pramugari senior Rp 5-6 juta.

Uang tambahan yang didapatkan pramugari itu bermacam-macam mulai dari asuransi, jaminan kesehatan, uang terbang, serta uang makan.

3. Gaji pramugari Batik Air
Gaji pramugari pesawat di Batik Air ditentukan berdasarkan jam terbang. Rata-rata seorang pramugari akan mendapatkan gaji pokok sebesar Rp 2 juta hingga Rp 3 juta per bulan ditambah uang terbang. Setiap terbang, pramugari junior akan mendapat gaji lagi sebesar Rp 40 ribu per jam.

Pramugari rata-rata melakukan penerbangan dengan awak kabin lainnya sekitar 6 jam per harinya. Jika dihitung per jamnya nilainya sebesar Rp 40 ribu, sehingga dalam sehari pramugari bisa mendapatkan gaji terbang sebesar Rp 240 ribu. Umumnya seorang pramugari di maskapai ini dalam seminggu memiliki waktu 4 hari terbang.

Selain itu, pramugari memiliki tambahan uang makan sebesar Rp 15 ribu sampai Rp 45 ribu per hari. Jika dijumlahkan dengan gaji pokok, uang terbang, dan uang makan maka seorang pramugari Batik Air bisa mendapat gaji hingga sekitar Rp 7,5 juta per bulan.

4. Gaji pramugari Citilink
Gaji pramugari Citilink terdiri dari gaji pokok, uang terbang, uang makan, hingga fasilitas pendukung lainnya. Daftar tersebut tidaklah berbeda jauh dengan maskapai penerbangan lainnya.

Gaji pokok pramugari junior Citilink sendiri sebesar Rp 2-3 juta per bulan. Sedangkan gaji pramugari seniornya senilai Rp 5 juta per bulan.

Di luar gaji pokok, pramugari juga masih menerima berbagai uang tunjangan dan fasilitas pendukung lainnya. Jika ditotal secara keseluruhan, gaji pramugari pesawat senior bisa menembus angka Rp 20 juta per bulan.

5. Gaji pramugari Sriwijaya Air
Maskapai Sriwijaya Air memberi gaji kepada pramugarinya mencapai Rp19,5 juta per bulan dan itu sudah termasuk untuk kebutuhannya.

6. Gaji pramugari Air Asia
Meski berasal dari Malaysia, maskapai AirAsia sangat populer di Indonesia. AirAsia jadi salah satu maskapai favorit traveler Tanah Air saat bepergian ke luar negeri karena harga tiketnya sangat murah.

Senior awak kabin AirAsia di Malaysia memberikan gaji pokok plus bonus terhadap pramugari juniornya sekitar Rp8-15 juta per bulan.

Sementara untuk pramugari senior dengan jam terbang yang lebih tinggi, gajinya bisa dua kali lipat dari angka tadi. Itu tadi daftar gaji pramugari pesawat di beberapa maskapai penerbangan di Indonesia. Gimana, apakah kalian tertarik menjadi pramugari?

(OL-6)

BERITA TERKAIT