02 October 2022, 07:22 WIB

Sinar Mas Land Gelar Festival UMKM di The Breeze BSD


Mediaindonesia.com |

PANDEMI covid-19 mulai mereda sehingga mendorong keberadaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia kian bergairah. Tren inilah yang mendorong Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk menginisiasi program UMKM Festival 2022 sebagai wadah bagi para pelaku UMKM yang dibina perusahaan untuk menampilkan dan memasarkan produk mereka. 

Festival UMKM tahun ini mengusung tema Kolaborasi UMKM Menuju Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat yang selaras dengan semangat Kemerdekaan Republik Indonesia. Dengan omzet hingga lebih dari Rp60 juta, kegiatan tersebut diikuti 26 binaan lulusan SML UMKM Center dan 50 peserta UMKM disabilitas binaan Sinar Mas Land dari wilayah Kabupaten Tangerang dan Tangerang Selatan, Jumat (30/9), di Atrium The Breeze BSD City.   

Festival UMKM 2022 dihadiri oleh Ahmed Zaki Iskandar (Bupati Tangerang), AH Novieta (Sekretaris Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM), dan Dony Martadisata (Managing Director President Office Sinar Mas Land) dengan dukungan dan sambutan virtual dari Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Teten Masduki (Menteri Koperasi dan UKM). Festival UMKM merupakan salah satu program tanggung jawab perusahaan di bidang ekonomi yang diimplementasikan melalui Small, Medium, Large (SML) UMKM Centre. 

Acara tersebut dimeriahkan dengan berbagai rangkaian kegiatan menarik di antaranya SML UMKM Fair, Talk Show UMKM Action for Change, Eco Fashion Carnival, UMKM Coaching Clinic, pemberdayaan dan lelang produk disabilitas, penyerahan bantuan untuk pelaku UMKM, hingga UMKM Graduation Batch II. Selain itu, Festival UMKM menampilkan hiburan musik dan tarian selama acara berlangsung.  

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi upaya Sinar Mas Land dalam menginisiasi program Festival UMKM 2022 melalui SML UMKM Centre guna memberdayakan para pelaku UMKM umum maupun penyandang disabilitas agar bisa tumbuh dan bangkit kembali setelah masa pandemi covid-19. Pemerintah terus mendorong pelaku UMKM untuk memasuki ekosistem digital. "Saat ini sudah ada 19,95 juta UMKM yang masuk ekosistem tersebut. Angka ini kami harapkan akan terus tumbuh mencapai 30 juta pada 2024. Kemenkop dan UKM berfokus pada peningkatan kapasitas bagi penyandang disabilitas dalam berusaha seperti menyediakan pelatihan, pemberdayaan, keterampilan, hingga memberikan akses permodalan bagi mereka. Kami berharap melalui kegiatan Festival UMKM ini mampu mengangkat para pelaku UMKM untuk mengambil peran dalam pemulihan ekonomi nasional." 

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan UMKM merupakan pilar penting dalam perekonomian Indonesia, sehingga pengembangan dan pemberdayaan bagi pelaku UMKM juga sangat penting untuk dilakukan. "Kami sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan Festival UMKM 2022 yang dilaksanakan oleh Sinar Mas Land. Semoga acara ini berjalan dengan sukses dan menciptakan peningkatan pembangunan ekonomi melalui pemberdayaan bagi pelaku UMKM dan penyandang disabilitas. Mari kita dukung UMKM dengan membeli produk ekonomi kreatif anak bangsa serta untuk selalu bangga akan produk buatan Indonesia." 

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengucapkan terima kasih serta apresiasi yang tinggi atas kegiatan Festival UMKM itu. Kegiatan tersebut menjadi satu kesempatan yang baik bagi para penggiat UMKM untuk bisa memacu semangat para pelaku usaha agar secara kreatif meningkatkan kemajuan produk kerajinan lokal khas daerah. Kegiatan Festival UMKM diharapkan dapat menjadi awalan positif untuk mewujudkan ekonomi masyarakat yang sejahtera dan generasi muda yang produktif dan inovatif di tengah perkembangan era globalisasi.

Managing Director President Office Sinar Mas Land Dony Martadisata menambahkan setelah sukses dengan Festival UMKM pada 2021, pihaknya kembali menghadirkan Festival UMKM 2022. Program ini sebagai bentuk partisipasi perusahaan dalam mendukung pemulihan ekonomi masyarakat selama masa pandemi dan sesudahnya. "Kami memfasilitasi para pelaku UMKM untuk mengembangkan dan memasarkan produk/usaha mereka melalui kegiatan ini. UMKM menjadi target utama pelatihan kami mengingat jumlah pelaku yang masif, potensi yang signifikan, serta kesediaannya sebagai garda terdepan ekonomi nasional. Festival UMKM tahun ini pun sangat spesial karena diselenggarakan tepat dengan peringatan 100 tahun kelahiran pendiri Sinar Mas yakni mendiang Eka Tjipta Widjaja."  

Festival UMKM 2022 merupakan program kolaborasi Sinar Mas Land bersama dengan seluruh pilar usaha Sinar Mas dan melibatkan teman-teman penyandang disabilitas dari berbagai daerah di Indonesia yang tergabung dalam binaan UMKM Disabilitas Sinar Mas Land. Para pelaku UMKM penyandang disabilitas pun ikut serta mempertunjukkan bakat dan keahliannya dalam berkarya. Selain itu, kegiatan ini mengundang komunitas penggerak lingkungan, puluhan komunitas UMKM, dan sekolah-sekolah yang berada di sekitar wilayah Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Acara ini didukung oleh Esmod Jakarta, Batik Danarhadi, Bintang Sempurna, serta dari pilar Sinarmas yaitu Bank Sinarmas,  Indah Kiat, Asuransi Sinarmas, Eka Tjipta Foundation, dan Eka Hospital. (RO/OL-14)

BERITA TERKAIT