30 September 2022, 22:19 WIB

Pemerintah Kembali Cairkan BSU BBM pada Pekan Depan


Ficky Ramadhan |

PEMERINTAH kembali mencairkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) tahap ke-4 atas kompensasi penaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pada minggu depan. Adapun total anggaran yang disiapkan untuk BSU hingga 6-7 tahap ini mencapai Rp8,8 triliun. 

"Saat ini, sudah disalurkan hingga tahap ke-3 kepada 7 juta pekerja. Sudah dibayarkan hampir Rp4,2 triliun dengan masing-masing mendapatkan Rp600 ribu untuk 1 kali," ungkap Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata, Jumat (30/9).

Baca juga: Jokowi Pastikan Penyaluran Bantuan Sosial Berjalan Lancar

Nantinya, jumlah penerima BSU diperkirakan tidak mencapai 16 juta pekerja. Isa memperkirakan jumlah yang pekerja akan menerima hanya 14,6 juta orang. Hal ini disebabkan adanya proses screening yang sangat ketat.

"Penerima BSU tidak boleh sebagai penerima BLT BBM. Tidak bisa double. Sejauh ini, yang kami dapat kemungkinan hanya 14,6 juta pekerja saja," imbuhnya.

Baca juga: Jaksa Agung Minta Jajarannya Bantu Tekan Inflasi Daerah

Isa menjelaskan untuk penerima BSU, tidak diperbolehkan berstatus PNS, TNI dan Polri. Dalam hal ini, yang boleh mendapatkan BSU ialah pekerja yang menerima upah di bawah Rp3,5 juta per bulan.

Untuk pelaksanaan screening BSU, dilakukan oleh Kementerian Ketenagakerjaan melalui data BPJS Ketenagakerjaan. Kemudian, penyaluran BSU dilakukan melalui Bank Himbara dan PT Pos Indonesia.(OL-11)

BERITA TERKAIT