29 September 2022, 07:45 WIB

Memberdayakan Petani, Merestorasi Alam


Jek/M-4 |

SAAT mencari tahu ada berapa banyak petani gula aren batang yang menjual produknya ke pedagang di pasar tradisional Tawainalu, di Tirawuta, Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara, Hasrul menemukan cukup banyak petani yang menggantungkan hidupnya dari situ.

Setidaknya, ketika itu ada 30-an petani gula aren di tetangga desanya.

Hasrul tinggal di Matabondu, Kecamatan Tirawuta. “Itu di satu desa saja. Desa-desa lain, ternyata banyak informasi saya temukan ketika itu juga setidaknya ada 20-30-an orang,” terang Hasrul, pemilik bisnis Arentim,

merek produk gula aren serbuk dan cair asal Sulawesi Tenggara, kepada Media Indonesia melalui konferensi video, Senin, (26/9).

Kini, setidaknya Arentim telah membina 60 petani gula aren di dua desa, yang memasok produksi mereka. Hasrul mengatakan, masih banyak lagi yang perlu digandeng. Sebab, di Kolaka Timur ada 12 kecamatan, 14

kelurahan, dan 118 desa (sumber situs resmi Kabupaten Kolaka Timur).

“Semuanya ini memproduksi gula aren, tapi selama ini memang belum tergarap dengan baik. Dari pemerintah maupun swasta. Di Sulawesi Tenggara, kami yang merupakan pelopor untuk inovasi gula aren ini.”

Pohon aren, yang tingginya bisa mencapai 25 meter dengan diameter umumnya mencapai 65 sentimeter ini, selain niranya disadap oleh para

petani, juga akar pohonnya dikenal sebagai penahan erosi. Sebab itu, Hasrul juga mendorong agar pohon aren untuk bisa terus ditanam.

“Kami tidak hanya ambil bahan baku dari petani. Kami dorong juga untuk

terus melakukan penanaman pohon aren, karena bisa menjadi pohon konservasi dan menjaga ekosistem hutan sehingga bisa reforestasi.” (Jek/M-4)

_________________________________________________

 

Biodata:

Arentim

Produk gula aren serbuk dan cair dengan indeks glikemik (IG) 43.6. Sejak 2020

Domisili: Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara

Pendiri/Komisaris Utama

Hasrul

 

Tempat, tanggal lahir: 26 Februari 1990

Pendidikan: Ilmu politik

 

Penghargaan:

-Wirausaha Unggulan Bank Indonesia 2022

-Top 10 Startup Ideanation

-Top 20 Hetero Startup

-Top 150 DSC12

BERITA TERKAIT