28 September 2022, 16:35 WIB

Bank Mandiri belum Berencana Naikkan Suku Bunga Kredit


Despian Nurhidayat |

PADA September ini, Bank Indonesia (BI) menaikkan suku bunga acuan sebesar 50 basis poin (bps) menjadi 4,25%. Kendati demikian, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk belum berencana untuk menaikkan suku bunga kredit, karena kinerja perseroan masih positif.

"Kinerja pada 2022, kita optimis masih sesuai target. Dari sisi profitabilitas, kita memang belum tentu menaikkan suku bunga di kredit," ujar Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi, Rabu (28/9).

"Sebab, saat ini secara target kita sudah berada di level ditargetkan untuk baki debet kredit,” imbuhnya.

Baca juga: BI Kembali Naikkan Suku Bunga Acuan Jadi 4,25%

Lebih lanjut, Darmawan memastikan bahwa pihaknya juga belum berencana menaikkan suku bunga dana tabungan dan deposito dalam waktu dekat.

“Kita tidak perlu berlomba-lomba bersaing dengan menaikkan suku bunga, supaya dana itu pindah ke kita,” pungkas Darmawan.

Kendati demikian, pihaknya meyakini bahwa Bank Mandiri harus bersiap menghadapi tantangan pada tahun depan. Sebab, BI diperkirakan masih terus menaikkan suku bunga acuan. 

Baca juga: Bos BNI: Green Bond Masih Kurang Dihargai

Selain itu, Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) juga berpotensi kembali menaikkan Fed Funds Rate. Menanggapi hal tersebut, Darmawan menyebut pihaknya terus mengkaji lebih lanjut.

Dalam hal ini, terkait kesiapan Bank Mandiri terhadap rencana ekspansi atau pertumbuhan bisnis untuk tahun depan. Seiring dengan tantangan pada 2023 lebih berat dibandingkan pada 2022.

"Kita optimis Bank Mandiri akan mengalami pertumbuhan, tapi tidak setinggi apa yang kita capai pada 2022. Tantangannya sangat berat di tahun depan,” tutupnya.(OL-11)

BERITA TERKAIT