26 September 2022, 22:41 WIB

PLN Pasok Listrik ke Pulau yang Berbatasan dengan Australia


Insi Nantika Jelita |

PT PLN (Persero) menghadirkan listrik di Desa Mbueain, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dukungan listrik ke pulau yang berbatasan dengan lautan Australia ini melalui penyertaan modal negara (PMN).

Tahun ini, PLN menargetkan bakal menghadirkan listrik ke 19.650 keluarga di 97 desa di NTT yang pembiayaan pembangunan infrastrukturnya berasal dari dana PMN senilai Rp258 miliar.

“Kehadiran listrik PLN di Pulau Rote, pulau terselatan Indonesia yang berbatasan laut dengan Australia ini mewujudkan energi berkeadilan," ungkap Direktur Distribusi PLN Adi Priyanto dalam keterangannya, Senin (26/9).

Berbekal dana PMN, PLN membangun jaringan tegangan menengah sepanjang 9,04 kilometer sirkuit (kms), jaringan tegangan rendah 14,48 kms dan 3 gardu dengan kapasitas total 150 kilovolt Ampere (kVA) untuk melayani listrik 282 pelanggan di desa tersebut.

Salah satu warga Desa Mbueain, Mama Lodi, 39, mengaku merasakan manfaat dari hadirnya listrik PLN. Ia bercerita sebelum ada listrik, menggunakan lampu pelita minyak tanah sebagai penerangan.

Untuk mendapat minyak tanah ia harus pergi ke kota. Padahal untuk sampai ke kota cukup merepotkan karena perlu naik kendaraan dan cukup menghabiskan waktu. Kondisi ini kadang membuat anak-anak Mama Lodia tidak bisa belajar karena keterbatasan penerangan.

"Sebagai ibu rumah tangga, saya bersyukur bisa meringankan pekerjaan seperti memasak tidak pakai kayu, tinggal colok saja. Anak-anak bisa belajar dengan penerangan cukup," ujarnya.

"Sekarang bisa jualan kecil-kecilan dengan adanya kulkas. Ini sangat membantu perekonomian kami," tambahnya.

Kepala Desa Mbuaein, Ferdi Otniel Boboy menambahkan, masyarakat sudah lama berharap listrik hadir di desa mereka. Setiap ada musyawarah, masyarakat mengusulkan kehadiran jaringan listrik.

"Kami sampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada pemerintah karena kami terlayani listrik," pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT