26 September 2022, 18:37 WIB

Dorong Inklusi Keuangan, Bank Ganesha Gandeng Rupiah Cepat Salurkan Rp100 M


Mediaindonesia.com |

PT Bank Ganesha Tbk gencar memperluas jaringan dan segmen bisnis, salah satunya melalu kerja sama dengani PT Kredit Utama Fintech Indonesia dengan produk peer to peer lending pada aplikasi Rupiah Cepat. 

Penandatanganan perjanjian kerja sama dilakukan oleh kedua belah pihak yang diwakili langsung oleh Direktur Bank Ganesha Setiawan Kumala dan CEO PT Kredit Utama Fintech Indonesia Yolanda Sunaryo dengan produk Rupiah Cepat..

Setiawan mengatakan, Bank Ganesha saat ini sedang gencar dan berfokus untuk mengembangkan inklusi keuangan di Indonesia dengan bekerja sama dengan beberapa pelaku jasa keuangan seperti kepada beberapa perusahaan Multi Finance dan sekarang dengan pelaku jasa keuangan tekfin Peer to Peer Lending. 

"Bank Ganesha akan menyalurkan kredit melalui kerja sama dengan Rupiah Cepat sebesar Rp100 miliar yang akan disalurkan kepada masyarakat di Indonesia melalui aplikasi produk Rupiah Cepat," ujar Setiawan

Ia mengungkapkan, dengan adanya kerja sama dengan Rupiah Cepat, Bank Ganesha mengharapkan ada keberlanjutan strategi bisnis kedepannya dengan Rupiah Cepat untuk dapat memperluas jaringan bisnis khususnya pembiayaan bagi masayarakat di Indonesi.

CEO PT Kredit Utama Fintech Indonesia Yolanda Sunaryo mengatakann dengan adanya kerja sama itu, akan menjadi salah satu strategi untuk membantu masyarakat mendapatkan fasilitas kredit/dana tunai langsung yang belum terakomodir oleh jasa keuangan konvensional dan berkontribusi bagi dunia keuangan di Indonesia. 

Baca juga : Bank Universal BPR Raih Lima Penghargaan dalam Infobank BPR Awards 2022

"Rupiah Cepat sendiri sebagai platform perusahaan P2P Lending di Indonesia sejak tahun 2018, telah menyalurkan lebih dari Rp.15.2 triliun dengan kontribusi peminjam aktif sekitar 147 ribu peminjam," ujar Yolanda. 

Target market konsumen dari Rupiah Cepat merupakan Jutaan Masyarakat Indonesia yang membutuhkan pembiayaan/pinjaman untuk pengeluaran diskresioner mereka namun tidak dapat diakomodir atau terlayani oleh Lembaga keuangan konvensional karena kurangnya update data dan kurang efisien operasional Lembaga keuangan konvensional tersebut.

Bank Ganesha memiliki target tersendiri dengan melakukan skema channeling dan bekerjasama dengan Rupiah Cepat untuk dapat memperluas segmen dan target dalam menyalurkan kredit ke berbagai lapisan masyarakat yang belum terakomodir secara penuh oleh Lembaga keuangan konvensional. Hal tersebut juga tidak lepas dari pertumbuhan pembiayaan melalui P2P Lending yang terus meningkat. 

Menurut data OJK, outstanding pinjaman fintech P2P lending pada Juni 2022 mencatatkan pertumbuhan sebesar 89,7% yoy atau meningkat sebesar Rp4,17 triliun, sehingga nilai outstanding pinjaman pada bulan Juni 2022 mencapai Rp44 triliun.

Rupiah Cepat adalah platform aplikasi Pinjam Meminjam Berbasis Teknologi Informasi dengan lebih dari 4 juta peminjam sejak pertama didirikan, berfungsi sebagai platform keuangan masyarakat umum. Rupiah Cepat Berizin dan Diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berdasarkan Surat Keputusan Nomor : KEP-132/D.05/2019. (RO/OL-7) 

BERITA TERKAIT