08 September 2022, 10:22 WIB

BI: Keyakinan Konsumen pada Perekonomi Indonesia Tetap Tinggi


Despian Nurhidayat |

BANK Indonesia (BI) menyatakan bahwa keyakinan konsumen terhadap kondisi perekonomian Indonesia tetap tinggi. Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Agustus 2022 sebesar 124,7.

Angka ini dikatakan lebih tinggi dibandingkan Juli 2022 yang tercatat sebesar 123,2, serta secara konsisten tetap berada di zona optimis (IKK>100).

"Peningkatan IKK Agustus 2022 tercatat pada sebagian besar kategori tingkat pengeluaran, kelompok usia, dan tingkat pendidikan responden," ungkap Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dilansir dari keterangan resmi, Kamis (8/9).

Baca juga: BI Minta Seluruh Pemangku Kepentingan Ikut Tangani Inflasi

Meningkatnya optimisme konsumen pada Agustus 2022 didorong oleh peningkatan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi terhadap ekonomi ke depan.

Hal tersebut terindikasi dari Indeks Ekonomi Saat Ini (IKE) yang meningkat pada seluruh komponen pembentuknya, tertinggi pada indeks penghasilan saat ini, dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang juga tercatat meningkat, terutama pada ekspektasi kegiatan usaha ke depan. (Des/OL-09)

BERITA TERKAIT