22 August 2022, 12:52 WIB

Program Jokowi Dinilai Jadi Solusi Atasi Pengangguran


Mediaindonesia.com |

KERJA nyata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai perlahan dapat mengatasi persoalan pengangguran dan lapangan pekerjaan. Program yang dijalankan pemerintah secara efektif menyentuh akar persoalan yang selama ini terjadi.

Salah satu program yang dinilai efektif adalah Kartu Prakerja. Dukungan penuh diberikan oleh berbagai pihak, termasuk akademisi terhadap program tersebut yang berhasil menjawab masalah pengangguran selama ini. 

Akademisi Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Tuerah August Musa, mengatakan pihaknya berkomitmen mendukung penuh pelaksanaan program Kartu Prakerja gagasan Jokowi. Sebab menurutnya program tersebut menjadi solusi nyata dalam mengatasi persoalan pengangguran di Indonesia.

"Kartu Prakerja merupakan program yang sangat tepat. Program ini sangat sesuai dengan kondisi persoalan yang sudah dihadapi Indonesia sejak lama," kata Tuerah August.

Ia menambahlan,menilai program Kartu Prakerja sengaja digagas Presiden Jokowi untuk mengurai persoalan yang menyangkut dengan pembukaan lapangan kerja serta peningkatan kompetensi sumber daya manusia Indonesia.

"Iya, yang saya katakan tadi program ini sangat baik karena bagaimana menanggulangi permasalahan-permasalahan pengangguran," papar Tuerah.

Menurutnya, kehadiran program ini selain merupakan upaya nyata negara dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia, namun juga menyelaraskan kompetensi setiap individu dalam  ruang kerjanya masing-masing.

"Tidak mungkin dia sarjana hukum tapi menangani berbagai proyek fisik dan infrastruktur. Pastikan itu tempatnya sarjana teknik," pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT