18 August 2022, 15:46 WIB

Dukung Literasi Keuangan Ibu Rumah Tangga, Flip Adakan Edukasi Di Rusunawa Marunda


Indrastuti |

KELOMPOK ibu menjadi fokus peningkatan literasi dan inklusi keuangan. Berdasarakan survei nasional Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2019,   tingkat literasi dan inklusi keuangan laki-laki sebesar 39,94% dan 77,24%, relatif lebih tinggi dibanding perempuan sebesar 36,13% dan 75,15% .

Oleh karena itu, perusahaan teknologi keuangan Indonesia, Flip, yang kerap mengadakan kegiatan literasi keuangan, memberikan edukasi tentang pentingnya melek keuangan di kawasan rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) Marunda. Kegiatan ini ditujukan bagi para ibu rumah tangga yang termasuk dalam kelompok Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan literasi keuangan berupa pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan dalam mengelola keuangan pribadi dan rumah tangga dengan lebih baik. Selain itu, para peserta juga memperoleh informasi tentang inklusi keuangan berupa informasi akses terhadap layanan keuangan formal yang berkualitas dengan biaya terjangkau sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. 

Baca juga: Menko Airlangga Sebut Harga Pangan Relatif Stabil

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Flip dan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi DKI Jakarta melalui Unit Pengelola Rumah Susun (UPRS) II dilangsungkan pada hari Jumat, (12/8). 

Kepala UPRS II Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Provinsi DKI Jakarta Drs. Uye Yayat Dimiati M.Si yang hadir pada acara ini mendukung kegiatan edukatif tersebut. “Kegiatan ini tepat dan sesuai dengan tujuan hadirnya Rusunawa di mana kami harapkan warga yang berada di sini tidak hanya tinggal saja namun juga memperoleh bimbingan dan pengembangan,” imbaunya pada saat pembukaan acara.

Bagi Flip, kegiatan edukasi untuk ibu rumah tangga ini sangatlah penting. “Sebagian besar ibu rumah tangga berperan sebagai perencana dan pengatur keuangan keluarga. Sekitar 85% aktivitas belanja keluarga, seperti belanja bulanan dan keputusan pembelian kebutuhan keluarga lainnya, diatur oleh seorang istri atau ibu di rumah. Oleh karena itu, bagi Flip  literasi keuangan untuk perencanaan keuangan yang baik bagi kesejahteraan keluarga mutlak menjadi suatu keharusan,” ujar Ginanjar Ibnu Solikhin, salah satu pendiri Flip. 

Dalam acara ini, hadir pula  Perencana Keuangan Insight Finansia Consulting  Ruisa  Khoiriyah CFP yang membagi strategi dan tips pengelolaan keuangan rumah tangga sesuai prinsip finansial yang sehat, “Pengelolaan keuangan yang sehat dan baik adalah salah satu kunci penting ketenangan hidup dalam keluarga. Istri sebagai pihak yang banyak berperan mengelola keuangan keluarga, perlu terus meningkatkan literasi finansial dan mengajak anggota keluarga membangun kebiasaan keuangan yg baik serta sehat,” jelas Ruisa. 

Selain itu, ibu rumah tangga juga diperkenalkan solusi teknologi keuangan untuk memudahkan berbagai transaksi keuangan buat semua kalangan. “Flip berharap dapat mendukung pencapaian target inklusi keuangan yang dicanangkan pemerintah dalam program-program literasi keuangan yang menarik sehingga semakin banyak masyarakat yang memanfaatkan solusi teknologi keuangan yang adil (fair financial solution) dalam memenuhi kebutuhan transaksi keuangan sehari-hari,” imbuh Ginanjar. (H-3)

BERITA TERKAIT