18 August 2022, 14:20 WIB

Menko Airlangga Sebut Harga Pangan Relatif Stabil


Despian Nurhidayat |

MENKO Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa sampai saat ini, harga pangan di Indonesia relatif sabil. Misalnya, harga beras saat ini sekitar Rp10 ribu per liter, kemudian daging ayam di bawah Rp20 ribu per kilogram.

"Daging sapi juga sudah turun harganya. Demikian pula terkait dengan gula pasir, bawang merah, bawang putih dan cabai merah, seluruhnya turun," ungkap Airlangga dalam rapat koordinasi secara virtual, Kamis (18/8).

Baca juga: Presiden: Gunakan Dana Tidak Terduga untuk Tangani Inflasi

Airlangga menambahkan bahwa sinergi dari Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) dan Tim Pengendalian Inflasi Daerag (TPID) terus diupayakan untuk mencapai keterjangkauan harga. Serta, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan komunikasi efektif, terutama menjaga stabilitas dan daya beli.

"Dari segi keterjangkauan, pemerintah memberikan stimulus ekonomi berupa bantuan sosial, baik dari APBN maupun APBD. Dari segi ketersediaan, cadangan beras relatif aman melalui Bulog, ada 1-1,5 juta ton," jelasnya.

Baca juga: Bank Indonesia: Inflasi Tahun Ini akan Melebihi Batas Atas Sasaran

Menurutnya, saat ini terdapat 111 daerah yang akan melalukan kerja sama terkait daerah yang komoditasnya surplus. Dalam hal ini, akan memberikan stok tersebut kepada daerah yang mengalami defisit komoditas.

"Terakhir, kita juga akan lakukan komunikasi efektif untuk menjaga ekspektasi masyarakat. Sehingga, tidak menimbulkan panic buying," imbuh Airlangga.

Dengan beberapa program kerja dan upaya yang dilakukan, pihaknya memperkirakan laju inflasi pada 2022 akan berada di kisaran 4-4,8%.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT