16 August 2022, 23:35 WIB

Jokowi : Pembangunan IKN Harus Dijaga Keberlanjutannya


Indriyani Astuti |

PEMBANGUNAN Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur menjadi salah satu agenda penting yang ditekankan Presiden Joko Widodo atau kerap disapa Jokowi. Hal itu ia utarakan dalam pidato presiden menjelang HUT ke-77 RI di Gedung Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8).

"Pembangunan Ibu Kota Nusantara harus dijaga keberlanjutannya," ucap Jokowi.

Ia menegaskan bahwa IKN bukan hanya untuk para aparatur sipil negara (ASN), melainkan juga para inovator dan para wirausahawan. Pembangunan IKN, sambungnya, tidak hanya berisi kantor-kantor pemerintahan, tetapi diharapkan IKN bisa menjadi motor penggerak ekonomi baru di luar Pulau Jawa.

Menurut presiden, IKN bukan hanya kota biasa. Ia memproyeksikan agar IKN dapat menjadi kota di tengah hutan rimba dengan pelayanan pendidikan dan kesehatan berkelas dunia. 

Pada kesempatan itu, presiden menjelaskan bahwa kawasan inti pusat pemerintahan di IKN akan dibangun menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Namun, pembangunan lain untuk pengembangan kota selebihnya 80% direncanakan melibatkan investasi dari sektor swasta.

"Investasi swasta diundang untuk berpartisipasi," tutur Jokowi. Dalam pidatonya presiden menjabarkan lima agenda penting yakni hilirisasi sumber daya alam, hilirisasi, optimalisasi sumber energi bersih dan ekonomi hijau, lalu perlindungan hukum, sosial, politik,dan ekonomi untuk rakyat, penguatan UMKM, dan pembangunan IKN. (OL-8)

BERITA TERKAIT