16 August 2022, 18:36 WIB

Jatuh Bangun Berulang Kali, Martabak Pecenongan 78 Bagikan Tips Sukses


mediaindonesia.com |

JATUH bangun berulang kali. Itulah situasi yang menggambarkan perjalanan bisnis Martabak Pecenongan 78 di masa awal tahun merintis.

Siapa menyangka, pahit getirnya kegagalan kini membawa salah satu kuliner legendaris kota Jakarta ini merengkuh pasar dan melebarkan sayap hingga ke lebih dari 400 cabang di seluruh Indonesia.

 Dalam semangat Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, aplikasi layanan online Airasia Food bersama Martabak Pecenongan 78 berbagi tips seputar mempertahankan eksistensi bisnis dan berekspansi kepada sesama pejuang UMKM kuliner di Tanah Air.

Bermula dari sebuah bisnis martabak dengan menggunakan gerobak yang sederhana, Martabak Pecenongan 78 berhasil diterima oleh masyarakat luas.

Walaupun di tengah persaingan bisnis yang kian sengit, usaha turun temurun milik keluarga ini tak lantas nyaman dengan keadaan dan berdiam diri.

Bahkan, di tengah pandemi sekalipun, Martabak Pecenongan 78 telah membuktikan kemenangannya dengan membuka ratusan cabang baru.

Baca juga: Pengertian UMKM, Ciri-Ciri, dan Contoh

Sukses mempertahankan eksistensinya selama 62 tahun, Martabak Pecenongan 78 menerapkan sejumlah strategi praktis seperti yang terangkum berikut ini:

Konsistensi adalah kunci utama

Ada kalanya, pemilik bisnis “latah” dengan tren kekinian dan langsung melakukan pivot bisnis untuk menarik perhatian pasar.

Namun, sebaliknya, Rey Christian selaku pemilik dari Martabak Pecenongan 78 tak lantas mengiyakan hal tersebut sebagai strategi yang tepat bagi kebertahanan sebuah bisnis.

Menurutnya, tren hanyalah bersifat sesaat, sedangkan konsistensi adalah kunci yang membuat sebuah bisnis bisa berusia panjang.

Seorang pemilik bisnis haruslah konsisten dengan produk yang mereka jual dan mencari potensi-potensi di sekitar untuk mengembangkannya.

“Dari dulu hingga sekarang, Martabak Pecenongan 78 fokus di menu martabak," katanya.

"Namun, kami mengikuti selera pasar melalui inovasi menu, seperti meluncurkan martabak Sultan yang super besar dan mewah, hingga fleksibel dalam cara kami berkomunikasi dengan target market," ucap Rey.

"Jika dahulu hanya mengandalkan pemasaran dari mulut ke mulut, kini kami aktif mengembangkan media sosial, juga mengedepankan layanan pemesanan online, salah satunya dengan airasia food,” jelas Rey.

Kepercayaan pelanggan adalah modal yang harus dijaga

Ketika sebuah bisnis semakin besar, acap kali kualitas produk tak lagi menjadi prioritas. Akibatnya, pelanggan merasa kecewa dan berujung pada penurunan performa bisnis secara keseluruhan.

Sebagai generasi penerus bisnis Martabak Pecenongan 78, Rey Christian selalu menomorsatukan kualitas demi menjaga kepercayaan pelanggan.

“Mungkin beberapa orang melihat harga kami di atas rata-rata jika dibandingkan dengan merek martabak lainnya," ucap Rey.

"Namun, kami dapat memastikan bahwa pelanggan mendapatkan kualitas rasa dan bahan baku yang terbaik," ujarnya.

Ketika situasi mendesak, misalnya harga bahan baku mahal, mungkin pemilik bisnis tergiur untuk mengganti dengan kualitas yang lebih rendah.

"Tetapi kami sangat menghindari hal tersebut, karena bagi kami kepercayaan pelanggan adalah modal yang harus dijaga,” ungkapnya.

Lebih dari itu, Martabak Pecenongan 78 selalu menanggapi serius setiap kritik dan saran dari pelanggan.

“Martabak Pecenongan 78 memiliki call-center yang akan siap merespon pelanggan jika memiliki keluhan dengan produk kami," katanya.

"Sekian puluh tahun, kami tetap menjaga komitmen agar pelanggan selalu merasakan pengalaman terbaik,” sambung Rey.

Keterbukaan terhadap kolaborasi

Di tengah persaingan pasar yang semakin menantang, kolaborasi menjadi sebuah solusi untuk menyatukan kekuatan.

Selain berkolaborasi dengan sejumlah publik figur dan influencer ternama dalam memasarkan produknya, Martabak Pecenongan 78 juga terbuka terhadap kolaborasi bersama layanan pesan-antar makanan online, seperti airasia food.

Rey mengungkapkan brand AirAsia yang telah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia menjadi salah satu nilai tambah yang menarik Martabak Pecenongan 78 untuk bergabung sebagai mitra merchant.

“Walaupun baru berjalan selama empat bulan, namun peran airasia food dalam mendukung bisnis kami sangatlah signifikan, terlihat dari peningkatan transaksi yang terus bergerak vertikal ke atas," tutur Rey.

"Saya juga merasa sangat terbantu dengan tim merchant relations dari airasia food yang sangat komunikatif dan kooperatif dalam membantu kami," terang Rey.

"Contohnya, mereka rutin menawarkan kolaborasi kampanye sebagai stimulus transaksi pelanggan. Saya sangat senang dapat ambil bagian sebagai merchant generasi pionir airasia food dan saling bertumbuh bersama ,” tutup Rey.

Turut merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Martabak Pecenongan 78 juga berpartisipasi dalam kampanye Super Merdeka persembahan spesial aplikasi Airasia Food, dengan promo gratis ongkir dan diskon hingga 40% selama periode 16-21 Agustus 2022.

Tidak hanya itu, hingga 31 Agustus nanti, pengguna Airasia Food juga bisa mendapatkan airasia points sebanyak 77% lebih besar.

Valuasi dari airasia points yang terkumpul dapat ditukarkan untuk bertransaksi di seluruh layanan airasia Super App, termasuk airasia food, flights, hotels, dan SNAP. (RO/OL-09)

 

BERITA TERKAIT