16 August 2022, 15:41 WIB

Kurangi Impor, Prioritaskan Produk Dalam Negeri


Despian Nurhidayat |

PRESIDEN Joko Widodo mengatakan untuk menghadapi tantangan ketidakpastian global ke depan, transformasi struktural harus terus dipacu untuk membangun mesin pertumbuhan ekonomi yang lebih solid dan berkelanjutan. Salah satu hal yang menurutnya dapat dilakukan ialah dengan menggunakan atau membeli produk dalam negeri.

"Penggunaan produk dalam negeri harus diprioritaskan untuk mengurangi ketergantungan impor," ungkapnya dalam Pidato Pengantar/Keterangan Pemerintah atas RUU Tentang APBN Tahun Anggaran 2023 beserta Nota Keuangannya, Selasa (16/8).

Perlu diketahui, pemerintah tengah meminta masyarakat untuk lebih mencintai dan membeli produk lokal. Hal ini terlihat dari adanya Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang diluncurkan sejak Mei 2020.

Baca juga: Bangga Budaya Indonesia, Cintai Produk Lokal

Presiden Jokowi juga menambahkan penyediaan fasilitas ekonomi digital bagi UMKM juga akan membantu mereka naik kelas. Hal ini pun akan menjadi upaya untuk membangun motor pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Selain itu, ke depannya, dia juga berharap Indonesia mampu melahirkan decacorn atau startup raksasa yang mempunyai nilai valuasi US$10 miliar atau setara Rp140 triliun. Nilai tersebut mencapai 10 kali lipat dari unicorn.(OL-5)

BERITA TERKAIT