11 August 2022, 21:29 WIB

CreaVid Competition untuk Mendukung Industri Kreatif di Tanah Air


mediaindonesia.com |

DUKUNG semangat pelaku industri kreatif di Indonesia, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan Kompas Gramedia (KG Media) menggelar kompetisi video kreatif bertajuk CreaVid Competition dengan total hadiah sebesar Rp 100 juta.

Lewat kreasi generasi milenial ini, publik diharapkan bisa lebih paham tentang investasi keuangan, agar masyarakat tidak mudah terpedaya oleh berbagai investasi bodong.

Pernyataan tersebut disampaikan Yuki Kato, aktris dan pekerja seni yang menjadi salah satu juri CreaVid Competition.

Yuki berharap masyarakat, terutama kaum muda dengan kreatifitasnya yang tinggi, dapat ikut serta di dalam kompetisi ini.

Menurut Yuki, selain dapat menyalurkan ide, kaum muda juga mendapatkan ilmu dan wawasan serta lebih mengetahui lagi fungsi dan peran LPS.

"Aku juga mengajak agar generasi milenial agar dapat ikutan kompetisi ini, sekaligus mengulik lebih lagi mengenai literasi keuangan, tahu lebih mengenai peran dan fungsi LPS, dan yang paling penting bisa memberikan sumbangsih nyata untuk meningkatkan literasi keuangan di masyarakat," papar Yuki pada konferensi pers CreaVid Competition, di Jakarta, Kamis (9/8).

Menurut Sekretaris Lembaga LPS Dimas Yuliharto, kegiatan ini bertujuan sebagai wadah bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi seputar literasi keuangan dengan kemasan yang ringan dan edukatif.

Baca juga: PLN Gelar Lomba Inovasi 'Electrifying Lifestyle' Bagi Pelajar Se-Babel

Kegiatan ini juga merupakan bentuk apresiasi LPS mendukung semangat anak muda pelaku industri kreatif yang tertarik pada bidang pembuatan video.

"LPS mencoba meningkatkan literasi keuangan dengan melalui CreaVid Competition ini. Kami berharap dengan adanya kegiatan ini literasi keuangan akan semakin meningkat," ucap Dimas.

Selain itu kami berharap kreativitas generasi muda akan semakin meningkat, kami juga berharap agar nantinya jangan sampai ada kaum muda yang terjebak investasi bodong," jelasnya.

Tema lomba ini adalah “Tingkatkan Literasi Keuangan Untuk Mendukung Perekonomian Indonesia Dalam Rangka Pemulihan Pasca Pandemi Covid-19”.  

Proses pendaftaran video dimulai pada tanggal 8 sampai dengan 28 Agustus 2022.

Juri yang akan menilai hasil karya peserta LPS CreaVid Competition ialah Yuki Kato selaku perwakilan dari pekerja seni dan aktris, Dimas Yuliharto selaku Sekretaris LPS dan Alexander Wibisono selaku Deputy GM News and Current Affairs KompasTV.

Pengumuman pemenang CreaVid Competition akan diumumkan pada tanggal 1 September 2022.

Pengumuman akan dihelat secara langsung dalam acara Literasi Keuangan Terdepan “Like It” yang diselenggarakan oleh Forum Koordinasi Pembiayaan Pembangunan melalui Pasar Keuangan (FKPPPK).

FKPPPK itu sendiri merupakan bentuk kolaborasi beberapa regulator bidang keuangan yakni LPS, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan dan Kementerian Keuangan. 

Tujuan dibentuknya forum ini antara lain untuk mendorong literasi keuangan, meningkatkan basis investor ritel, dan mengembangkan sektor keuangan Indonesia.

Lebih lanjut, sebagai apresiasi kepada pemenang dari CreaVid Competition LPS, pada akhir rangkaian kegiatan di tanggal 2 September 2022 akan ditutup oleh CreaVid Talks yang merupakan dialog seputar industri kreatif dengan suguhan hiburan yang menarik.

Kegiatan ini menghadirkan para dewan juri bersama pemenang, mereka juga akan bercerita bagaimana keseruan proses dibalik layar CreaVid Competition LPS.

CreaVid Talks akan disiarkan secara live streaming di Youtube Kompas TV dan Youtube LPS.

Perjalanan CreaVid Competition LPS akan segera dimulai, nantikan karya hebat anak muda kreatif Indonesia melalui kompetisi ini.

Untuk informasi detail kegiatan dan syarat pendaftaran dapat langsung di lihat pada Microsite CreaVid Competition di laman url berikut: https://lpsCreaVid2022.kompas.tv/. (RO/OL-09(

BERITA TERKAIT