10 August 2022, 13:18 WIB

Elon Musk Jual Saham Tesla Senilai Rp102,6 Triliun


Insi Nantika Jelita |

ORANG terkaya di dunia, Elon Musk, menjual saham Tesla Inc. senilai US$6,9 miliar atau setara Rp102,6 triliun dalam beberapa hari terakhir. Khususnya, di tengah ketidakpastian nasib kesepakatan senilai US$44 miliar untuk membeli saham Twitter Inc.

Musk, kepala eksekutif dan pemegang saham terbesar Tesla, menjual sekitar 7,9 juta saham sejak 5 Agustus lalu. Artinya, dia hanya memiliki 15% saham di perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat.

Bos Tesla telah melakukan penjualan saham selama setahun terakhir. Musk menguangkan sekitar US$32 miliar saham di produsen kendaraan listrik. Hal tersebut termasuk penjualan saham Tesla sekitar US$8,5 miliar pada April lalu, setelah penarikan kesepakatan untuk membeli Twitter Inc.

Baik manajemen Tesla maupun Elon Musk belum memberikan tanggapan terkait aksi penjualan saham senilai Rp102,6 triliun tersebut. Pekan lalu, pemegang saham Tesla membuka jalan bagi pemecahan saham 3:1, yang menurut perusahaan dirancang untuk kepemilikan yang lebih mudah diakses oleh karyawan dan investor individu.

Adapun Musk dilaporkan sudah memiliki saham lebih dari 9% di Twitter, atau senilai sekitar US$$4 miliar dengan US$54,20 per saham. Ketika disinggung di akun Twitter-nya, terkait rencana Musk menjual saham, dia menuliskan cuitan, "Ya".

Dia juga menambahkan keterangan pada April lalu tidak merencanakan penjualan saham lanjutan. Jika kesepakatan Twitter tidak ditutup, Musk akan membeli saham Tesla lagi. Dia juga berniat mendirikan platform media sosialnya sendir, yakni X.com, jika kesepakatan itu gagal.(WallStreetJournal/OL-11)
 

BERITA TERKAIT