10 August 2022, 09:33 WIB

Menkop UKM: Di Tengah Ketidakpastian Global, UMKM Harus Jadi Penyangga Ekonomi Nasional


Despian Nurhidayat |

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan bahwa UMKM harus menjadi penyangga perekonomian nasional pada tahun depan di tengah ketidakpastian dunia. Hal ini merujuk pada ramalan dari Dana Moneter Internasional (IMF), Bank Dunia, hingga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang menyatakan ekonomi global tahun depan akan gelap gulita.

"UMKM dari dari krisis ke krisis terbukti menjadi penyangga ekonomi nasional, karena itu maka sesuai arahan dari Presiden adalah lapangan kerja harus diperkuat dan juga UMKM," ungkapnya di Bali, Rabu (10/8).

Lebih lanjut, Teten menambahkan bahwa tahun depan pemerintah harus bekerja keras untuk memperkuat daya beli masyarakat, dan menyediakan lapangan kerja.

Maka dari itu memperkuat UMKM telah menjadi keharusan baik oleh pemerintah pusat, daerah, hingga perbankan guna memberikan dukungan finansial untuk manajemen dan kemudahan usaha.

"97% lapangan kerja indonesia itu dari UMKM. Maka kita harus kerja sama dengan pemerintah daerah dan perbankan terkait bagaimana agar tahun depan bisa memberikan dukungan finansial untuk manajemen dan kemudahan usaha, agar UMKM bisa kembali menyangga ekonomi nasional," tegas Teten.

Teten juga merasa bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II 2022 yang tercatat 5,44% masih ditopang oleh konsumsi rumah tangga. Maka dari itu, perlu dilakuka program membeli produk UMKM untuk memperkuat ekonomi pada kuartal III 2022 nanti. (OL-12)

BERITA TERKAIT