04 August 2022, 20:06 WIB

Melalui CSR, WOM Finance dan BPJAMSOSTEK Lindungi 100 Pekerja Rentan


mediaindonesia.com |

DALAM rangka memberikan perlindungan pekerja rentan, BBJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Kantor Cabang Jakarta Gambir bersama dengan PT. Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOM Finance) melakukan kerja sama untuk memperluas perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Kerja sama tersebut dilakukan melalui nota kesepahaman antara Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Jakarta Gambir, Chairul Arianto dengan Direktur WOM Finance, Cincin Lisa Hadi.

Pekerja rentan merupakan pekerja yang berstatus bukan penerima upah (BPU) yang penghasilannya hanya cukup untuk membiayai kehidupannya sehari-hari.

Untuk membayar iuran program BPJS Ketenagakerjaan seperti Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM), mereka belum menjadi prioritas.

Dalam keterangan pers, Kamis (4/8), Chairul menyampaikan,“Kegiatan ini merupakan Program Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran)."

Program GN Lingkaran merupakan inovasi sosial yang ditujukan membantu perlindungan pekerja rentan melalui donasi pembayaran iuran jaminan sosial ketenagakerjaan dari dana CSR perusahaan-perusahaan baik swasta, BUMN/BUMD ataupun sumbangan masyarakat secara individual”.

Chairul menambahkan,"Kami sangat antusias dan mengapresiasi sekali ketika WOM Finance berinisiatif menyisihkan dana CSR perusahaan untuk mendaftarkan pekerja rentan yang belum terlindungi manfaat program BPJS Ketenagakerjaan."

Untuk tahap awal WOM Finance akan membiayai 100 orang pekerja rentan dengan kategori pekerjaan seperti asisten rumah tangga, supir dan tukang kebun maupun pengasuh anak sebagai calon peserta BPJS Ketenagakerjaan,.

Sebelumnya, para pekerja rentan tersebut belum menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Cincin Lisa Hadi menjelaskan bahwa kerja sama antara WOM Finance dengan BPJAMSOSTEK Jakarta Gambir ini merupakan program perlindungan bantuan kepada kelompok masyarakat yang masuk ke dalam pekerja rumah tangga, agar mereka dapat memperoleh perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Sudah saatnya kita tingkatkan kepedulian kepada para pekerja rentan dengan cara memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada mereka,” tutur Cincin.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kepedulian dari WOM Finance kepada para pekerja rentan, kami berharap semoga sinergi untuk melindungi para pekerja antar BPJAMSOSTEK Jakarta Gambir dan WOM Finance dapat terus berlanjut” tutur Chairul.

Chairul juga menyampaikan bahwa risiko kecelakaan kerja bahkan sampai kematian dapat terjadi kapan saja tanpa kita ketahui waktu dan tempatnya.

"Untuk itu kami BPJAMSOSTEK Jakarta Gambir terus berupaya mengajak perusahaan maupun masyarakat pekerja memastikan agar selalu terlindungi manfaat program BPJS Ketenagakerjaan," jelasnya..

Dalam kegiatan seremonial tersebut turut dihadiri oleh Noro Fajar Prianggoro selaku Kepala Bidang Kepesertaan Korporasi dan Institusi, Nur Amali selaku Kepala Bidang Kepesertaan Program Khusus dan perwakilan dari WOM Finance.

BPJAMSOSTEK Jakarta Gambir juga menyampaikan informasi bahwa peserta dapat mengajukan klaim JHT secara online melalui aplikasi Jamsostek Mobile (JMO).

Bisa ju ilakukan juga dengan mengakses website www.bpjsketenagakerjaan.go.id dan juga dapat menerima layanan informasi melalui Call Center 175 terkait program dan manfaat BPJAMSOSTEK. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT