04 August 2022, 10:13 WIB

IHSG Hari Ini Dibuka Menguat


Despian Nurhidayat |

SETELAH tiga hari berturut-turut IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) melemah pada pembukaan perdagangan, pada hari ini, Kamis (4/8) IHSG akhirnya dibuka menguat 0,25% atau 17,72 poin ke posisi 7.064,36.

Sementara itu, kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 naik 0,38% atau 3,83 poin ke posisi 1.003,78.

Riset KB Valbury Sekuritas mengatakan bahwa IHSG pada hari ini diperkirakan bergerak mixed dengan peluang menguat, di tengah bauran sentimen baik dari internal maupun eksternal bagi pasar.

Sentimen dari dalam negeri terkait dengan pelaku pasar yang optimis atas pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II 2022 yang diperkirakan tumbuh diats 5% yoy.

Hal Ini sejalan dengan perkiraan pemerintah bahwa ekonomi kuartal II 2022 mampu tumbuh lebih dari 5% yoy. Senada dengan perkiraan pertumbuhan ekonomi dari Bank Indonesia (BI) sebesar 5,05% yoy.

"Membaiknya perekonomian Indonesia katalis bagi tren IHSG untuk dapat menggapai level yang lebih baik," tulis Tim Riset KB Valbury Sekuritas dilansir dari laman resmi.

Sementara itu, dari ekternal, kondisi pasar tengah berada dalam tren kenaikan inflasi yang bisa berdampak pada kenaikan tingkat suku bunga.

Kendati kebijakan kenaikan suku bunga AS melandai atau bahkan turun. Namun, perkembangan pasar masih akan volatile dikarenakan cukup besarnya efek sentimen eksternal walaupun kondisi makroekonomi Indonesia solid dan terlihat siap menghadapi isu resesi yang mungkin akan terjadi.

"Pergerakan pasar global juga memantau perkembangan mengenai kondisi ekonomi Amerika Serikat yang tengah dibayangi ancaman krisis," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: BHS: Dirut Pertamina Diduga Kelabui Presiden dan DPR yang Merugikan Rakyat

BERITA TERKAIT