03 August 2022, 15:30 WIB

Ciptakan 4,4 Juta Lapangan Kerja, Sandiaga Fokus Digitalisasi UMKM


Insi Nantika Jelita |

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong penciptaan 4,4 juta lapangan kerja bagi masyarakat dengan fokus pada digitalisasi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Ini diutarakan Sandiaga dalam pelatihan digitalisasi marketing yang digelar di Universitas Prof Dr Hazarin SH, Kota Bengkulu, Rabu (3/8).

Baca juga: Bahlil: Ekonomi Global Lesu, Tapi Minat Investasi ke RI Masih Tinggi

"Pengalaman saya sebagai pemimpin di bidang usaha, dengan inovasi kita akan mampu menciptakan ekonomi yang lebih kuat dan membuka lapangan kerja hingga 4,4 juta orang di 2024," ujarnya dalam keterangan resmi. 

Terkait hal tersebut, Sandiaga akan berkolaborasi dengan seluruh pihak untuk meningkatkan literasi digital, termasuk dengan para pelaku UMKM.

"73% dari UMKM kita belum tersentuh digitalisasi. Dengan program pendampingan dan pembiayaan, akan tingkatkan jumlah anak muda dan UMKM yang terkoneksi ke ekosistem ekonomi digital," jelasnya.

Sandiaga mendorong generasi muda dan pelaku UMKM untuk terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan literasi agar melek digital.

Lewat pelatihan digital marketing tersebut, ia optimistis para generasi muda akan mampu mengembangkan usaha lebih luas. 

"Kami juga memberikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan para mahasiswa dalam mengakses usaha di bidang kuliner, dan ekonomi kreatif," tambahnya. 

Sandiaga mengajak para pelaku UMKM untuk berkolaborasi dengan platform digital agar dapat semakin menciptakan peluang usaha, membangkitkan ekonomi, dan menciptakan lapangan pekerjaan. (OL-6)

BERITA TERKAIT