28 July 2022, 23:00 WIB

SKK Migas-Pertamina EP Limau Field Resmikan Program Bank Sampah


Andhika Prasetyo |

SKK Migas-Pertamina EP Limau Field Resmikan Program Bank Sampah
SKK Migas dan Pertamina EP (PEP) Limau Field meresmikan Bank Sampah di Desa Karya Mulya, Prabumulih, Sumatra Selatan, Selasa (26/7).

General Manager Zona 4 Limau Field Agus Amperianto mengungkapkan program tersebut merupakan komitmen perusahaan dalam mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs) tentang konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab dan kota serta komunitas yang berkelanjutan.

"Program Bank Sampah ini merupakan komitmen perusahaan untuk mengurangi dampak lingkungan dan meeujudkan kawasan desa yang aman dan nyaman," ujar Agus melalui keterangan resmi, Kamis (28/7).

Hingga saat ini, tercatat sudah ada 100 masyarakat yang menjadi nasabah dan menyetor sampah non-organik.

Selain Bank Sampah, Pertamina EP Limau Field turut melantik anggota Masyarakat Peduli Api (as Pepi) Desa Karya Mulya. MAS PEPI dibentuk untuk menjawab problem kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang menjadi isu lingkungan di Sumatra Selatan.

"Anggota yang dilantik dibekali dengan pengetahuan, keterampilan, dan peralatan yang memadai untuk penanganan karhutla. Mereka juga memiliki sertifikasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang diterbitkan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)," tuturnya.

Walikota Prabumulih yang diwakili oleh Asisten II Muhammad Ali menyampaikan apresiasi kepada Limau Field.

Ia berharap program-program yang bertujuan membangun masyarakat dan kawasan tidak selesai sampai di sini.

"Atas nama Pemerintah Kota Prabumulih, saya mengapresiasi program ini. Semoga ini menjadi inspirasi terus berkembang hingga ke desa-desa lainya," tandas Ali. (OL-8)

BERITA TERKAIT