26 July 2022, 17:50 WIB

Menteri ATR/BPN: Tinggal 25% Tanah Indonesia yang Belum Terdaftar Lewat PTSL


Insi Nantika Jelita |

MENTERI Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto mengungkapkan, progres Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) saat ini mencapai 74,8% atau sekitar 94,2 juta dari target 126 juta bidang tanah di seluruh Indonesia. 

Hal ini disampaikan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2022 dengan tema “Memperkuat Sinergi dan Inovasi Pelayanan Pertanahan dan Tata Ruang" di The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan, Selasa (26/7).

Baca juga: Menko Perekonomian Diharapkan Bawa Investasi EBT dari Jepang

"Sisa 25,2% lagi yang didaftarkan dari 126 juta bidang tanah di seluruh Indonesia. Kepada seluruh jajaran ATR/BPN, saya meminta agar masyarakat dilayani dengan baik dan cepat," ungkap Hadi. 

Percepatan pendaftaran tanah merupakan salah satu arahan langsung yang diperintahkan Presiden Joko Widodo kepada Menteri ATR/BPN terbaru tersebut. Arahan lainnya ialah penyelesaian sengketa dan konflik pertanahan termasuk mafia tanah dan ketiga, dukungan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) terkait Rencana Tata Ruang dan pengadaan tanah.

Untuk mempercepat pendaftaran, Hadi mengaku akan kerap terjun ke lapangan dan berdialog dengan masyarakat untuk mengetahui letak permasalahan pertanahan. 

"Saya juga berdialog dengan masyarakat, sehingga saya bisa paham betul permasalahan di lapangan, saya bisa melihat obyek permasalahan. Bahkan, saya bisa putuskan (solusinya) kalau permasalahan ditemukan di lapangan," jelasnya. 

Mantan Panglima TNI itu juga menerangkan, pihaknya meluncurkan Loket Prioritas Pelayanan Pertanahan dan Program Pelayanan Tanah Akhir Pekan (Pelataran). Loket ini diperuntukkan untuk pemilik tanah yang mengajukan pelayanan pertanahan secara langsung dan dibuka pada akhir pekan.

"Jadi, kita berikan loket ini dibuka khusus pada Sabtu dan Minggu. Loket ini dibuka oleh kantor pertanahan (kantah) yang memiliki kriteria tertentu," ucapnya. 

Kriteria itu antara lain kantah yang berkedudukan di ibu kota provinsi, kemudian kantah tersebut rata-rata memiliki jumlah pelayanan di atas dua ribu berkas per bulan. Total kantah yang membuka pelayanan akhir pekan itu berjumlah 107 kantor.

Kementerian ATR/BPN dalam Rakernas 2022 juga diluncurkan hotline bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pengaduan pada nomor Whatsapp 0811-1068-0000. (OL-6)

BERITA TERKAIT