19 July 2022, 19:38 WIB

Apindo: Permintaan Kredit Memang Naik, Namun belum Sepenuhnya Pulih


Ficky Ramadhan |

ASOSIASI Pengusaha Indonesia (Apindo) mengamini optimisme masyarakat dan korporasi terhadap perkembangan ekonomi nasional. Serta, adanya peningkatan permintaan kredit pada Juni 2022, seperti data yang dirilis Bank Indonesia (BI).

Wakil Ketua Apindo Bidang Ketenagakerjaan Bob Azam mengatakan bahwa permintaan kredit memang sedang meningkat. Namun, masih dalam tahap pemulihan dan perekonomian indonesia juga masih dalam dibayangi ketidakpastian global.

Baca juga: BI: Penyaluran Kredit Baru pada Triwulan II 2022 Tumbuh Positif

"Permintaan kredit meningkat, tapi tetap masih dalam pemulihan. Apalagi, ekonomi dan politik masih dalam ketidakpastian. Namun, ekonomi kita dapat terbantu dengan harga komoditas yang sedang tinggi," ujar Bob saat dihubungi, Selasa (19/7).

Lebih lanjut, dia menilai terdapat beberapa tantangan bagi perekonomian domestik, yang menjadi kendala bagi dunia usaha. Khususnya, menyoroti kenaikan harga bahan baku untuk produksi.

Baca juga: Ada Ancaman Resesi, SKK Migas Gencar Bidik Investor

"Banyak tantangan, mulai dari kenaikan harga bahan baku, masalah logistik dan daya beli yang belum pulih," imbuhnya.

Pihaknya pun berharap kinerja ekonomi Indonesia kembali meningkat. Tetunya, pertumbuhan ekonomi nasional diharapkan lebih berkualitas.

"Kita berharap dapat memanfaatkan momentum kenaikan harga komoditas. Untuk transformasi ekonomi yang lebih tangguh, dengan pertumbuhan yang berkualitas," pungkas Bob.(OL-11)


 

BERITA TERKAIT