19 July 2022, 13:01 WIB

Gandeng KPK, BPJS Ketenagakerjaan Kampanyekan Gerakan Anti-Korupsi


mediaindonesia.com |

BADAN Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Sudirman (BPJAMSOSTEK) kembali mengkampanyekan gerakan antikorupsi.

Kegiatan gerakan anti-korupsi ini dengan melibatkan seluruh karyawan Kantor Cabang dan Perusahaan Binaan Jakarta Sudirman untuk membantu pemerintah dalam upaya tindakan pencegahan korupsi.

Kagiatan ini dikemas dalam bentuk podcast dengan tajuk "Menuju Indonesia Bebas Korupsi", yang dipandu oleh Asep Irwan Juliansyah selaku moderator didampingi Dwi Mediansyah selaku Tunas Integritas.

Dalam kegiatan anti-korupsi ini, menghadirkan narasumber Kasatgas Direktorat Sosialisasi Dan Kampanye Antikorupsi Komisi Pemberantarsan Korupsi (KPk). Wuryono Prakoso.

Kepala Cabang BPJAMSOSTEK Jakarta Sudirman Suhuri mengatakan kegiatan kampanye anti korupsi ini merupakan salah satu bentuk dukungan dan sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan sebagai badan hukum publik dalam mendukung upaya pemerintah memberantas korupsi.

“Ini salah satu program kami untuk mengkampanyekan gerakan anti korupsi terutama ke kepada seluruh karyawan dan juga para pembembina perusahaaan di lingkungan kantor kami,” kata Suhuri dalam keterangan pers, Selasa (19/7).

Ia tak membantah sebagai badan layanan publik yang dipercaya negara mengelola jaminan sosial juga rentan berkorupsi lantaran berhubungan secara langsung dengan masyarakat.

"Oleh karena itu, BPJS Ketenagakerjaan memiliki visi untuk memberikan layanan ke masyarakat dengan tata kelola yang baik," jelas Suhuri.

Dengan terus mensosialisasikan ke masyarakat mengenai visi ini setidaknya masyarakat juga dapat berperan aktif untuk menjaga BPJAMSOSTEK dari perilaku korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

Baca juga: Dirut BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Santunan Untuk Pegawai Non ASN di BPKP

Secara internal, ia menjamin saat ini BPJS Ketenagakerjaan bertindak tegas kepada karyawan yang kedapatan korupsi dengan langsung meneruskan ke ranah pidana.

"Harapan saya bahwa dalam melaksanakan pelayanan kepada pekerja BPJAMSOSTEK Jakarta Sudirman harus mengatakan tidak kepada korupsi," ujar Suhuri.

Hal senada disampaikan Kepala Satuan Tugas Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi  KPK- Wuryono Prakoso .

Wuryono mengatakan saatnya BPJAMSOSTEK khususnya Jakarta Selatan, bisa menjadi promotor untuk penerapan praktik bisnis berintegritas dan antikorupsi pada lingkungan korporasi secara umum dan BUMN secara khusus,

"Dengan mulai mengadopsi upaya pencegahan korupsi secara sistemik, pembangunan integritas di lingkungan internal BPJAMSOSTEK maupun seluruh pemangku-kepentingan lainnya," katanya..

BERITA TERKAIT