07 July 2022, 19:35 WIB

Tahun 2025 Manggarai Jadi Stasiun Sentral, KAI: Penumpang Harap Bersabar


Marselina Tabita Tumundo (MGN), Narendra Wisnu Karisma (SB) |

STASIUN Manggarai ditargetkan menjadi stasiun sentral ultimate pertama di Indonesia pada 2025 mendatang. Kementerian Perhubungan dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) meminta masyarakat untuk bersabar selama masa pengembangan fasilitas dan infrastruktur Stasiun Sentral Manggarai.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Zulfikri menyebut pihaknya sedang mengupayakan pembangunan double-double track (DDT) yang dapat meningkatkan kapasitas perjalanan kereta.

Baca juga: Lagu Widuri Iringi Pemakaman Bob Tutupoly

"DDT sebenarnya sudah digagas sejak 2002, namun tiga tahun berikutnya desain baru selesai. Nah, diharapkan dengan adanya DDT, ditargetkan penumpang KRL per hari mencapai 2 juta orang dengan headway 3 menit sekali," ungkap Zulfikri, Kamis (7/7/2022).

Beberapa langkah yang dilakukan, lanjut Zulfikri, antara lain dengan menambah jalur untuk kereta api jarak jauh, meningkatan persinyalan dan elektrifikasi, pembangunan dipo, hingga membuat jalur atas atau elevated separation di Stasiun Manggarai.

"Ada beberapa macam cara untuk meraih target 2 juta penumpang dalam sehari, salah satu pilihannya kita elevated kan di Manggarai, seperti pemisahan jalur Bekasi dan jalur Bogor. Karena, sebelum kita pisahkan, pasti kereta bergantian untuk lewat," terangnya.

Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo mengatakan, proses switch over (SO) untuk mendukung pengembangan Stasiun Manggarai sudah dilakukan hingga tahap kelima pada bulan Mei lalu.

Selanjutnya tahapan switch over keenam akan dilaksanakan pada bulan November mendatang hingga tahap ketujuh pada 2023. Switch over merupakan penataan peralihan sistem persinyalan dan operasional kereta api untuk meningkatkan pelayanan kereta api.

Baca juga: Medina Zein Akhirnya Ditahan karena Kasus Pengancaman

"Nanti akan ada SO keenam di bulan November, sampai menuju ultimate pada 2025. Dalam rangka adaptasi, KCI menyediakan KRL feeder," tandas Didiek.

Sebagai stasiun sentral, nantinya Stasiun Manggarai akan melayani baik KRL Jabodetabek, Kereta Api Bandara, hingga Kereta Api Jarak Jauh. (Ren/A-3)

BERITA TERKAIT